Minggu, 11 Oktober 2009

Cultural ShocKed

Bulan Oktober ini kembali wongcikawung mencoba mengisi halaman Blog yang sempat lama vakum karena 'kesibukan' berlibur hari raya Idul Fitri di kampung halaman, Cikawung, Kecamatan Pekuncen, Banyumas.........

Kali ini akan menuangkan curahan hati dan pikiran perihal kondisi sosial kejiwaan seseorang tatkala menjumpai sesuatu yang baru, aneh, tabu, dan yang pasti bikin geleng-geleng kepala di lingkungan yang baru pertama kali didiami.
Bagi orang yang ngga pernah melintasi batas wilayah kampung halamannya, niscaya tidak akan dijumpai hal-hal yang membuat shocked, kecuali sekedar hal-hal normal yang selama ini dia saksikan dan rasakan dari kecil hingga kini.
Lain sekali bagi orang yang pada suatu waktu harus pergi ke daerah tertentu yang sama sekali tidak pernah dikunjungi sebelumnya. Akan banyak hal yang berbeda (kebiasaan, tingkah laku) dari warga di tempat tersebut yang mungkin berbeda sekali dengan tempat di mana dia dibesarkan.
Keguncangan budaya (cultural shocked) akan menghinggapi orang yang secara intelektual tidak menyiapkan diri untuk menghadapi hal-hal yang berbeda dan aneh. Jangankan menghadapi budaya di Barat yang berbanding terbalik dengan budaya kita di Timur, budaya dan pola pergaulan di lain provinsi saja di Indonesia akan membuat kita shocked.
WongcikaWung juga mengalami hal ridiculous saat sebagian hidup dihabiskan di kota minyak, Balikpapan.
Saya pikir sudah menjadi trend di hampir semua kota di Indonesia, terlebih di kota besar seperti Jakarta, bahwa social control sangat lemah sehingga orang cenderung mau berbuat apa saja sudah ngga segan dan ngga malu lagi pada lingkungan sekitar (toh ngga ada yang menegur, pikirnya).
Di Balikpapan, jangan kaget bila ada ibu-ibu suka bicara kasar (nyebutin anggota kebun binatang) dan kata kasar lainnya yang khas jawa timuran, padahal dia berkerudung dan kEliatan baik-baik. Minum-minuman keras secara teRang-terangan di dEpan banyak orang. Gileee beneeer.....
Bagi yang dari kecil sudah terbiasa dengan hal_hal tabu macam gitu pasti aKan merasA Agak terganggu dengan polah seperti itu.
tapi ya namanya kehidupan kota bEsar. penuh dengan HAl_Hal YanG RaDA ANEH..


EmoticonEmoticon