Jumat, 07 Mei 2010

Pengalaman Adalah Guru Yang Baik

Sebulan lebih saya tidak mengupdate buku harian alias blog saya ini karena pikiran dan tenaga terkonsentrasi pada bisnis baru (tapi kini sedang istirahat karena akun saya disuspend sama empunya situs). Bisnis yang saya dapatkan secara tidak sengaja saat browsing internet.
Awalnya saya mendapat informasi ada sebuah ebook gratis tentang bisnis di ebay.com. Karena gratis, saya langsung download dan pelajari step-step yang ada di ebook tersebut. Hampir sebulan saya mempelajari ebooknya sambil pelan-pelan mempraktekan. Diantara praktek yang dimulai sambil jalan adalah membuat akun PayPal. Hal ini memang disyaratkan di ebook tersebut.

Akun paypal wajib dimiliki karena berguna untuk menampung dana transaksi pembelian dan penjualan. Dalam membuat akun paypal, disyaratkan adanya credit card (kartu kredit). Bila tidak memiliki CC, masih bisa disiasati dengan virtual credit card (vcc), semacam kartu kredit maya yang banyak disediakan di dunia internet. VCC ini berupa nomor kartu kredit (visa atau master card) yang akan dimasukan di form saat membuat akun paypal. Diantara situs yang menyediakan vcc adalah putraeka.org dan banyak juga yang jualan di Kaskus (sori, bukan 'kakus'). Saat itu saya membeli dengan harga Rp 95.000. Kini harga vcc di putraeka.org Rp 75rb dengan expired date tiga bulan, kalau ngga salah. Di kaskus ada yang berani jual vcc super murah, yaitu Rp 45rb, expired date setahun. Hanya saja kita harus menunggu tiga hari untuk mendapatkan kode Paypal. Kode Paypal (PP) ini dibutuhkan agar PP kita verified. PP yang verified yang dibolehkan didaftarkan di ebay.com. Dengan bantuan vcc dari putraeka.org ini, akun paypal saya langsung jadi dan terverified.
Setelah mempunyai akun paypal, kita harus memiliki akun di designselling.com. Sebuah situs dropshipping yang di sana kita akan memesan t-shirt dan barang lainnya. Oleh DS ini barang yang dipesan oleh pembeli langsung dikirim ke pembeli tersebut. Saat registrasi di DS.com, disyaratkan untuk memiliki akun paypal.

Semua petunjuk pendaftaran di DS telah dilaksanakan sebagaimana yang tertera di ebook, akhirnya selesai sudah saya membuat akun (atau biasa disebut store) di DS.com dengan format reseller. Format reseller akan mendapat diskon harga dan free trial selama sebulan. Setelah free trial dan bila tidak di-cancel, maka akun kita akan kena charge $29,99 (cukup mahal bagi para newbie). Untuk menghindari charge ini, biasanya pemilik akun yang baru akan me-cancel keikutsertaan sebagai reseller di DS dengan cara klik tab 'cancel' di akun paypal.

Setelah selesai membuat akun di DS, sekarang tinggal membuat akun di ebay.com. Syarat membuat akun di ebay juga harus memiliki akun PP. Jadi akun PP ini sangat vital. Cara registrasi di ebay juga sangat mudah, tinggal klik register dan ikuti langkah-langkahnya, registrasi pun selesai.
Jadi sekarang kita sudah punya tiga akun di tiga tempat berbeda, yaitu PayPal.com, DesignSelling.com dan ebay.com. Ada satu lagi akun yang perlu dimiliki yaitu akun di terapeak.com. Terapeak|dot|com adalah sebuah situs riset atas produk yang sedang laku di ebay.com. Maka bila kita mau listing barang jualan (t-shirt) di ebay.com sebaiknya berdasarkan hasil riset dari terapeak sehingga barang yang dilist mengena target market dan potensi untuk laku lebih besar.

Ebook yang menawarkan alternatif bisnis ini dapat didownload di sini
Tujuan saya menulis ini hanyalah ingin berbagi informasi saja. Karena ebook tersebut memang diberikan gratis oleh penulisnya, maka saya juga membagikan kepada siapa saja yang mau. Kalau mau mempraktekan dan membuktikan, silakan. Bila tidak juga ngga apa-apa. Dan saya berani menulis tentang bisnis ini karena saya sudah mempraktekan tepat selama sebulan. Selama sebulan saya menjalankan usaha ini memang terasa melelahkan dan menyita banyak waktu karena kita disarankan agar listing (jualin) t-shirt minimal tiga buah tiap hari. Nah, untuk listing t-shirt tersebut harus mencari gambar yang sedang laku di ebay. Pencarian gambar cukup dilakukan di 'paman Gugel'. Setelah dapat gambar yang diinginkan, selanjutnya kita edit di photoshop (Nah, salah satu syarat agar bisa mempraktekan usaha ini adalah kita harus bisa photoshop).
Selama sebulan berusaha jualan, t-shirt yang laku sebanyak 15 buah (rata-rata dua hari laku satu kaos). Harga per kaos saya pasang $13.99 sampai $21.99.

Saat ini saya sedang off jualan di ebay karena akun diblok. Kenapa diblok? Karena kita tidak boleh sembarangan menjual kaos bergambar artis. Bisa jadi gambar artis yang terpampang di kaos tidak boleh dikomersialkan tanpa seijin pemilik hak. Dan saya termasuk telah melanggar karena tiga kaos yang dijual bergambar/bertuliskan sesuatu yang tidak boleh dikomersialkan (memiliki copyrights).
Dan ini menjadi pelajaran dan pengalaman berharga bagi saya. Selanjutnya, bagi siapa saja yang mencari gambar untuk dikomersilkan (tanpa kuatir kena sanksi), silakan buka Google.co.id, klik gambar, klik Penelusuran Gambar Lanjutan, kemudian pada Hak Penggunaan kita pilih 'dilabeli untuk digunakan ulang secara komersial'.

Di bawah ini contoh kaos yg telah saya listing:





4 comments

Hebat mas.aku be lagi ubek ubek blog.lagi nyantelna neng direktory blog ngendi bae.payu ora payu .tapi sing gratisan.

Mas Dur, trims sudah mampir ke blog saya.
Tulisan saya belum tuntas mas, tadi malam ngantuk sekali. Nanti Insya Alloh akan saya tuntaskan sampai kuupload ebooknya. Ebook tsb hasil kerja sama orang Malaysia dengan orang Blitar. Saya sudah mencoba dan dapat omzet hampir US$ 200 selama sebulan. Tapi saat ini akun saya disuspend sama ebay. Oke tunggu saja nanti kuselesaikan posting saya. Trims

If you looking at T-shirt Drop Shipping to worldwide or to USA, we can provide that. Cheap and Fast processing from sending invoice, processing (3-7 days depend on quantity and buyer address), fast shipping using USPS with tracking number.

visit vallians.com or email me at support@ vallians.com

Vallians, thanks for visiting my blog. I was tshirt seller on ebay.com last April (just for one month because my ebay account was suspended by ebay for any reason). Now, I don't start again yet selling on ebay.


EmoticonEmoticon