Rabu, 15 September 2010

Launching Website Sri Mulyani Indrawati

Siapa yang tidak mengenal Sri Mulyani Indrawati? Beliau adalah mantan kepala Bappenas, Menteri Keuangan dan Menteri Koordinator Perekonomian yang dihormati karena kecerdasannya, lugas dan tegas serta zero tolerance terhadap segala bentuk korupsi. Beliau disukai kawan dan disegani lawan (lawan dalam beradu argument). Pun dalam arti lawan yang sebenarnya selama menjadi birokrat. Masih ingat ketika SMI menyinggung ‘musuhnya’ di The Wall Street Journal edisi Asia beberapa waktu yang lalu? Bila sudah lupa, ini linknya.

Beliau juga peletak batu modernisasi birokrasi beberapa direktorat di bawah Kementerian Keuangan, diantaranya adalah Direktorat Bea Cukai, Direktorat Jenderal Pajak, Direktorat Jenderal Anggaran, dan lainnya. Hasil dari modernisasi ini dapat dirasakan langsung oleh masyarakat yang berinteraksi dengan kantor-kantor di bawah direktorat tersebut. Setelah modernisasi tidak terdengar lagi ada pungli, suap dan tindak kolutif.

SMI juga merupakan aset bangsa yang berharga karena -dalam kapasitasnya sebagai pejabat tinggi- beliau telah beberapa kali memperoleh penghargaan dari dunia internasional. Sekedar mengingatkan kembali, pengakuan internasional atas kinerja SMI diantaranya:
- beliau pernah dinobatkan sebagai Menteri Keuangan terbaik Asia untuk tahun 2006 oleh Emerging Markets,
- dinobatkan sebagai wanita paling berpengaruh ke-2 di Indonesia versi majalah Globe Asia bulan Oktober 2007,
- dan terpilih sebagai wanita paling berpengaruh ke-23 di dunia versi majalah Forbes tahun 2008.

Meski dunia internasional mengakui kehebatannya, tetapi di dalam negeri kapabilitas beliau tidak dihargai, khususnya oleh para anggota DPR yang menggagas Pansus Bailout Bank Century tahun lalu. Karena kondisi politik dalam negeri tidak memungkinkan beliau untuk berkarya, SMI menerima tawaran menjadi Managing Director di World Bank.

Kini sepak terjang dan gagasan bernas SMI di panggung Indonesia untuk sementara tidak bisa dinikmati oleh masyarakat. Tetapi, pada bulan ini (September) akan ada kabar gembira dari SMI. Beliau akan me-launching situs pribadinya. Di situsnya nanti akan memuat pikiran-pikiran atau gagasan dan opini terkait kondisi ekonomi, sosial dan politik di tanah air. Pembuatan website ini adalah bagian dari perencanaan dan persiapan dalam rangka menyambut panggung politik pada tahun 2014, di mana kepemimpinan nasional akan berganti.

Saat ini situsnya masih dalam tahap pengembangan. Baru ada sedikit post, menu terbatas dan link yang belum rapi. Ranking Alexa juga masih dikisaran 19 jutaan.

Beberapa menu yang dapat dinikmati oleh para pembaca diantaranya ‘Artikel, Tentang SMI, Media, Forum, dan Redaksi Menjawab’. Ada juga kolom ‘Berita Terbaru’. Sementara ini, meski nama menunya ‘Berita Terbaru’ tapi berisi opini, bukan berita. Kelak, kolom ini –sepertinya- akan berisi info mengenai kegiatan-kegiatan SMI.

Bila Anda penasaran apa nama situsnya, silakan klik saja www.srimulyani.net.

Selamat menikmati.


EmoticonEmoticon