Rabu, 29 September 2010

Tentang Koprol.com

Pada Mei lalu, ada sebuah headline mengenai proses akuisisi atas sebuah situs pertemanan asli buatan anak negeri. Situs pertemanan yang dimaksud adalah Koprol.com.

Siapa yang tidak mengenal Koprol.com? Siapa saja yang sering browsing di dunia maya pasti mengenal Koprol.com atau setidaknya pernah mendengar situs tersebut. Koprol.com adalah sebuah situs jejaring sosial asli buatan orang Indonesia yang di-launching di dunia maya pada Februari 2009.

Konsep situs jejaring sosial ini berbasis pada lokasi, para pengguna bisa melakukan check in di lokasi sekaligus berbagi informasi mengenai semua hal yang ada di lokasi tersebut. Sehingga informasi ini menambah database lokasi di Koprol.com. Sampai saat ini ada kira-kira 15000 lokasi yang telah didaftarkan di database Koprol.

Nama Koprol sendiri diambil dari bahasa Belanda (koprol) yang berarti jungkir balik. (berpindah dari satu tempat ke tempat lain). Sejak dilaunching pertama kali hingga Mei lalu, Koprol.com sudah memiliki user sebanyak 75 rb.

Lalu, siapa dibalik lahirnya Koprol.com? Dialah Satya Witoelar, seorang webdesigner freelance. Usaha kerasnya menciptakan sebuah situs pertemanan telah membuahkan hasil yang luar biasa. Koprol.com berkembang pesat. Dan karena perkembangannya tersebut membuat situs raksasa Amerika, Yahoo, tertarik untuk membelinya. Deal pembelian pun terjadi pada Mei 2010 lalu (sayang, nilai dealnya tidak dibeberkan ke publik).


EmoticonEmoticon