Senin, 27 Februari 2012

Bug di e-SPT PPN 1111 versi 1.3?

Mohon maaf saya tidak tahu istilah apa yang tepat untuk menamai tampilan yang muncul (dan cukup mengganggu) saat membuka eSPT versi 1.3 yang saya download dari pajak.go.id. Bug atau apa ya?

Sebenarnya sudah lama pajak.go.id merilis versi terbaru dari eSPT PPN 1111 (yaitu pada November 2011) hanya saja saya baru terpikirkan untuk 'bercerita' pada hari ini mengenai tampilan yang mengganggu.

Oleh karena filenya cukup besar (sekitar 255 Mb), maka pajak.go.id memecah menjadi 6 bagian/part untuk didownload. Keenamnya harus didownload dan diletakkan dalam satu folder. Bila sudah didownload semua kemudian Part 1 saja yang perlu diekstrak untuk bisa diinstal programnya.

Saya mencoba mendownload dua kali (karena download dan ekstrak yang pertama, muncul pesan-pesan sebagaimana di bawah ini) dan ekstrak dua kali, tetap saja muncul pesan tersebut.

Ini tiga tampilan pesan (berturut-turut) saat membuka e-SPT PPN 1111 versi 1.3 (November 2011) yang cukup mengganggu.




Bila anda menemui hal serupa di program e-SPT PPN 1111 versi 1.3 yang diunduh dari pajak.go.id, cukup klik OK pada tampilan tersebut. Dan program nyatanya berjalan seperti biasa.







14 comments

lebih parah lagi.... pajak keluaran dengan nomor yang sama bisa terekam ulang,,,

@Rahadian, oo gitu yaa...saya malah baru tahu. trims atas sharingnya

lampiran A2nya juga bakal bermasalh dlm pencetakan

@if it, sudah nyoba nge-print A2 nya? gimana? bermasalah nggak?

Lampiran A2 & B2 Bermasalah dalam Proses Pencetakan

@Anonim, saya coba ngetest cetak A2 dan berhasil.

mungkin bisa diubah ke format PDF terlebih dahulu untuk penyesuaian page nya sebelum dicetak, dengan menggunakan driver DOPDF v.6.

@anonim,begitu kita klik menu Cetak di espt,maka otomatis akan muncul preview file tsb dan sudah dlm bentuk Pdf. Trims

saya mencoba instal versi 1.3 yg didownload dari DJP tp tidak bisa malah kembali ke versi 1.1
Mohon saran nya.terimakasih

@Anonim: saya kemarin iseng2 meremove e-SPT PPN 1111 versi 1.3 yang sy buat dg tahapan instal per Patch Update (dari 1.1, 1.2, 1.3). Kemudian sy instal lagi dg file yg saya download langsung dari DJP.

Hasilnya langsung menjadi versi 1.3 hanya saja 'bug' seperti yg saya tulis di atas tetap muncul (3 kali muncul bug dan tiga kali harus diklik OK).

Untuk kasus Anda, coba eSPT yg lama diremove dulu kemudian instal lagi dg versi yg baru yg Anda download dari pajak.go.id.

Terima kasih.

lampiran ab pada cetakan juga bermasalah.,. mohon bantuannya

@Rahmat Salahudin: masalahnya seperti apa ya? bisa dijelaskan?

Terima kasih.

pada saat saya pake Patch_e-SPT_PPN_1111_v1.1.0-01022011 sblmnya lancar2 ajah sampe dgn minggu lalu terpaksa aq update ke patch-espt-PPN-1111-Versi1.3.0.0 krn di update yg sblmnya terdapat error yg menyebabkan saya tdk bisa input nota retur (mau retur pembelian tp referensi nomor mengacu ke no faktur penjualan)
Nah stlh aq update srkg aq mau lakukan pembetulan di masa Januari 2012 dan ternyata di update terbaru tsb tdk bisa mengubah faktur (edit faktur) di form A2 pembetulan 1..
Apa yg harus aq lakukan??
Trims

@agung: trims ya udah mampir.
menjawab pertanyaan anda, coba cek nama lawan transaksi. apakah nama lawan transaksinya menggunakan apostrof (')? soalnya saya pernah menemui kasus yg sama dan sebabnya adalah karena nama lawan transaksinya seperti itu.

trims


EmoticonEmoticon