Sabtu, 05 Juni 2010

Rachel Corrie, Pejuang Sejati


Pagi ini saya terharu saat melihat sebuah kisah tentang Rachel Aliene Corrie di TVOne. Dia adalah salah seorang wanita Amerika, kelahiran 10 April 1979, yang memiliki jiwa kemanusiaan sangat tinggi sehingga hampir sepanjang waktunya dihabiskan untuk kegiatan kemanusiaan, bahkan rela mengorbankan nyawanya untuk pihak yang dibela.

Saya hampir menitikkan air mata saat Rachel Corrie kecil, berbicara di Spelling Contest, tentang penderitaan rakyat Palestina di bawah pendudukan negara Israel dan saat dia berani menentang buldozer-buldozer Israel yang menghancurkan rumah-rumah warga Palestina sehingga dia sendiri tewas terlindas buldozer itu, pada 16 Maret 2003 lalu, saat usianya baru menginjak 24 tahun. Sungguh dia seorang pejuang sebenar-benar pejuang kemanusiaan. Bukan agama yang dibela, bukan pula suku dan bangsa, melainkan kemanusiaan.

Kini nama pejuang sejati tersebut diabadikan sebagai sebuah nama kapal kemanusiaan yang saat ini sedang menuju ke Gaza, meneruskan misi kapal sebelumnya, Mavi Marmara, yang ditahan oleh Israel, laknatullah.
Rachel Corrie, namamu akan dikenang sepanjang hayat oleh siapapun yang mempunyai perasaan sama tentang kemanusiaan.


EmoticonEmoticon