Senin, 12 Juli 2010

Bonus, Prestasi Terbaik dan Statistik Piala Dunia 2010


Usai sudah gelaran akbar empat tahunan, Piala Dunia 2010 Afrika Selatan. Pesta yang dihelat selama sebulan ini menciptakan juara dunia baru yaitu Spanyol. Dengan mengalahkan Belanda 1-0 melalui babak perpanjangan waktu (extra time), Spanyol memastikan diri menjadi juara dunia sepakbola sejagad. Prestasi ini makin mengukuhkan prestasi sebelumnya, yaitu menjadi Kampiun Liga Eropa Tahun 2008.

Bonus & Hadiah

Bagi rakyat Spanyol, prestasi ini tentu sangat membanggakan karena selama ini Spanyol belum pernah menjadi juara dunia. Bonus besar pun menanti para pahlawan lapangan hijau tersebut. Para pemain Spanyol akan memperoleh bonus 600.000 euro (hampir Rp 7 miliar). Bonus ini lebih banyak dibandingkan ketika "Matador" meraih gelar juara Piala Eropa dua tahun silam. Saat itu, Spanyol "hanya" menerima 350.000 euro (Rp 4 miliar).

Sedangkan sebagai juara, Spanyol berhak menerima hadiah uang sebesar 30 juta dollar AS (Rp 271 Miliar) dari FIFA.

Belanda sebagai runner up berhak mendapatkan hadiah uang sebesar 24 juta dollar AS (Rp 216 miliar). Adapun Jerman di peringkat ketiga digelontor 20 juta dollar AS (Rp 180 miliar). Uruguay di tempat keempat dianugerahi bonus 18 juta dollar AS (Rp 172 miliar).
Tim-tim lain yang meramaikan turnamen ini juga tak lepas dari "tali asih" FIFA. Brasil, Ghana, Paraguay, dan Argentina berhak mengantungi 18 juta dollar atau (Rp 162 miliar) karena lolos ke perempat final. Tim yang lolos ke babak 16 besar seperti Inggris dan Portugal diberi kucuran dana 9 juta dollar AS (Rp 81 miliar). Tim yang hanya mampu bertahan di pernyisihan grup seperti Perancis dan Italia mendapatkan 8 juta dollar AS (Rp 72 miliar).
(Sumber: Kompas.com).

Prestasi Terbaik

Terpilih sebagai pemain terbaik selama piala dunia adalah Diego Forlan asal Uruguay. Meski Uruguay kecewa karena gagal mengulangi sejarah menjadi juara Piala Dunia seperti pada tahun 1930 dan 1950. Tetapi, "La Celeste" yang mengakhiri turnamen ini di posisi empat, patut berbangga karena pemain andalannya, Diego Forlan memperoleh bola mas sebagai hadiah pemain terbaik.

Sepatu emas jatuh ke tangan Thomas Mueller dari timnas Jerman dengan koleksi lima gol (sebenarnya Forlan, Mueller, Sneijder dan Villa sama-sama mengoleksi lima gol selama beraksi di Afrika Selatan ini, tetapi Mueller unggul dalam jumlah assist, yaitu tiga assist) dan sarung tangan emas diterima oleh penjaga gawang Spanyol, Iker Casillas.

Statistik Piala Dunia 2010
Dari Kompas.com, ada fakta statistik yang menarik selama penyelenggaraan Piala Dunia 2010. Silakan disimak,

0 Nol kekalahan. Selandia Baru menjadi satu-satunya tim yang tak pernah kalah dalam Piala Dunia 2010. "All Whites" selalu bermain imbang dalam fase Grup F, tapi gagal lolos ke fase gugur.

1 Final dan gelar pertama. Selain final pertama, gelar juara dunia bagi Spanyol adalah yang pertama bagi tim berjuluk "La Furia Roja" itu.

2 Extra time kedua. Ini merupakan final kedua di Piala Dunia yang berakhri tanpa gol selama ada 90 menit permainan. Yang pertama terjadi pada 1994 antara Brasil dan Italia, yang diakhiri dengan kemenangan Brasil lewat adu penalti.

3 Runner-up tiga kali. Belanda menjadi satu-satunya tim yang selalu gagal di final. Sebelumnya, "De Oranje" gagal mengalahkan Jerman Barat pada final 1974 dan Argentina pada 1978.

4 Empat top scorer. Empat pemain dari empat negara menduduki daftar pencetak gol terbanyak di turnamen ini, masing-masing mencetak lima gol. Mereka adalah David Villa (Spanyol), Thomas Mueller (Jerman), Diego Forlan (Uruguay), dan Wesley Sneijder (Belanda).

5 Maksimal gol satu pemain. Pencetak gol terbanyak di turnamen ini mencetak lima gol. Mueller menjadi pemain paling subur karena membuat lima gol dari enam tembakan ke arah gawang. Jerman rata-rata selalu bisa membuat satu gol dalam lima bidikan ke arah gawang.

6 Final keenam. Final 2010 adalah final keenam yang mempertemukan dua tim yang belum pernah menjadi juara dunia.

7 Gol terbanyak. Portugal mencatatkan jumlah gol terbanyak dalam satu pertandingan ketika melumat Korea Utara dengan skor 7-0.

8 Delapan gol sang juara. Sang juara Spanyol hanya menyarangkan delapan gol dan menjadi kampiun paling miskin gol sepanjang sejarah turnamen ini.

9 Pertemuan Belanda-Spanyol. Final semalam adalah pertemuan kesembilan antara Belanda dan Spanyol. Kedua tim sama-sama berbagi empat kemenangan dan satu kali seri.

10 Bukan starter Spanyol. Spanyol tak pernah memasukkan pemain bernomor pungggung 10 dalam daftar starting line up. Nomor ini digunakan oleh Cesc Fabregas, yang selalu menjadi pemain pengganti di babak kedua.

Sumber:
- Kompas.com (1)
- Kompas.com (2)
- Kompas.com (3)


EmoticonEmoticon