Jumat, 06 Agustus 2010

Mengenal Alexa (2)


Postingan kali ini adalah sambungan dari postingan sebelumnya yaitu Mengenal Alexa bagian pertama. Pada postingan sebelumnya saya menjelaskan konten apa saja yang ada di Home-nya alexa.com. Dari Home-nya alexa.com banyak informasi yang kita peroleh dan sangat bermanfaat bagi siapa saja yang akan membuat situs/blog karena dari situ kita bisa memperoleh ide atau inspirasi niche yang terbaik bagi situs/blog yg akan kita buat nanti.

Pada postingan kali ini saya akan menuliskan tentang info apa saja yang dapat kita peroleh dari menu Siteinfo-nya alexa.com. Di menu Siteinfo ini kita akan memperoleh informasi secara lengkap atas sebuah situs/blog. Bila situs/blog kita akan dievaluasi di menu ini, ketik saja nama situs/blog kita di kolom yg disediakan.

Informasi pertama yang kita dapatkan setelah menginput nama situs/blog kita adalah ranking trafik (alexa traffic rank) di dunia maupun di Indonesia (bila pengunjung situs/blog dari berbagai negara, akan diketahui peringkat trafik di masing-masing negara tersebut).

Informasi berikutnya adalah Traffic Stat. Di Traffic Stat ini kita dapat memperoleh info tentang lama waktu membuka situs/blog sehingga kita menjadi tahu apakah situs kita termasuk berat atau tidak ketika diklik, prosentase pengunjung situs/blog dalam tiga dan satu bulan terakhir, juga Pageviews (kunjungan per halaman), Pageview/Users (kunjungan per halaman per pengunjung), Time on Site (lamanya pengunjung di situs/blog) dan prosentase pengunjung melalui mesin pencari.

Pada menu berikutnya, yaitu Audience, kita dapat memperoleh info tentang kelompok audience berdasarkan usia, gender, pendidikan, dan lokasi. Bahkan data audience ini bisa diperbandingkan dengan data audience yang mengakses situs lain, seperti kaskus, tempo, dll.

Itulah gambaran singkat tentang situs alexa.com. Sebuah situs yang didedikasikan untuk memberikan gambaran sebuah situs lain di internet dengan sangat informatif. Mudah-mudahan posting tentang alexa.com ini bermanfaat.


EmoticonEmoticon