Rabu, 22 September 2010

Gunakan 'Statistik' di Blogspot Untuk Evaluasi Blog Anda

Awalnya saya sempat kagum pada Alexa.com yang telah begitu detail memberikan informasi tentang sebuah situs. Informasi yang diberikan Alexa.com memang lengkap. Mulai Traffic Stats (yang di-break down menjadi beberapa sub menu, yaitu Traffic Rank, Reach, Pageviews, Pageviews/Users, Bounce (prosentase kunjungan satu pageview), Time On Site, dan Search (dalam %)), Search Analytics, Audience (berdasarkan umur,pendidikan, gender, lokasi, penghasilan dan etnis), Contact Info, Reviews, Related Links, dan Clickstream.

Tetapi ada kekurangan di Alexa, yaitu detail sebuah situs yang bisa ditunjukkan di Alexa.com adalah situs yang memiliki ranking Alexa di bawah 100000. Bila rankingnya lebih dari 100000, tidak bisa ditampilkan secara detil sesuai menu yang ada pada keterangan di atas.
Lalu, di mana kita bisa melihat detail informasi blog kita? Karena posting ini hanya membahas blog berdomain Blogspot.com, maka saya juga menampilkan menu yang ada di Blogspot.

Bagi anda yang penasaran dengan data perkembangan blog anda, maka ada sebuah menu yang cukup informatif mengenai blog kita. Menu tersebut adalah 'Statistik'.

Konten 'Statistik' ini tidak kalah lengkapnya dengan apa yang ada di Alexa.com. Bila anda memiliki blog di Blogspot.com, silakan login dengan akun anda. Kemudian dideretan menu utama (Posting, Komentar, dan seterusnya) terdapat menu Statistik. Klik saja menu tersebut dan berbagai informasi mengenai blog kita ada di situ.

Root menu Statistik diantaranya Overview (tinjauan), Posts (postingan), Traffic Source (sumber trafik) dan Audience (pengunjung). Menu Overview menampilkan grafik kunjungan (pageview) saat ini sampai dengan sepanjang umur blog (kumulatif). Juga disajikan jumlah pageview atas postingan kita, sumber trafik dan asal audience.

Pada sub menu Traffic Source dilengkapi dengan info Referring Site (situs rujukan), apakah dari Google.com, Facebook.com atau mesin pencari lainnya. Juga disertai Search Keywords (keyword yang mengarah ke blog kita).

Pada sub menu Audience ditampilkan asal para pengunjung blog kita disertai dengan map (peta) pengunjung, browser yang mereka gunakan (Internet Explorer, Firefox, Opera atau lainnya) serta operating system komputer mereka (Windows, Linux, Macintosh atau open source lainnya).

Terakhir, semua kembali kepada anda mau menggunakan fasilitas yang mana dalam mengevaluasi konten blog kita. Menurut saya menu Statistik ini cukup bermanfaat dan informatif dalam memberikan gambaran sekilas mengenai pengelolaan blog, terutama untuk blog dengan ranking Alexa di atas 100000. Karena seperti yang telah saya singgung di atas, Alexa tidak bisa menyajikan secara lengkap informasi blog yang rankingnya masih banyak.

Semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon