Jumat, 28 Mei 2010

Kreativitas Yang Menghasilkan Extraordinary Creation


Kreativitas yang diiringi dengan kesabaran dan ketekunan akan menghasilkan karya yang luar biasa. Karya yang luar biasa ini tentu saja akan menghasilkan pemasukan fulus yang besar pula bagi penciptanya.

Contoh sebuah kreasi dari kreativitas yang hebat adalah terciptanya situs FACEBOOK (sering diartikan: muka buku). Situs ini dibuat oleh orang hebat keturunan Yahudi bernama Mark Elliot Zuckerberg. Zuckerberg adalah seorang mahasiswa Universitas Harvard, kelahiran Mei 1984, yang tidak menyelesaikan kuliahnya karena tertarik dengan utak atik komputer (seperti halnya Bill Gates, penemu operating system Microsoft, yang lebih suka mengutak atik komputer ketimbang melanjutkan kuliahnya di Universitas Harvard). Kini mereka berdua telah menjadi orang yang sangat sukses dari sisi materi bahkan beberapa kali Bill Gates (nama lengkapnya William Henry Gates) menyandang sebagai orang terkaya di dunia selama 13 tahun (baru pada tahun 2007 peringkat Bill Gates disalip oleh seorang konglomerat Meksiko, Carlos Slim).

Tentu saja keputusan untuk drop out (DO) dari sekolah tidak bisa serta merta ditiru oleh siapa saja yang bosan sekolah, bila tidak memiliki bekal otak yang encer dan fasilitas memadai. Seperti kita tahu, Universitas Harvard tidak bisa dimasuki oleh calon mahasiswa sembarangan. Mereka harus benar-benar qualified. Sehingga dari sisi kecerdasan, para mahasiswa di Universitas Harvard sudah memilikinya. Jadi tidak sulit memperoleh pekerjaan (atau menciptakan lapangan kerja sendiri) bila mereka memutuskan untuk DO dari kampus.


Kembali ke Facebook. Situs facebook diluncurkan pada 4 Februari 2004 di Universitas Harvard sebagai media untuk saling mengenal. Kini situs tersebut tidak hanya untuk kalangan mahasiswa di Harvard melainkan sudah mendunia. Kini, dalam beberapa pekan ke depan jumlah pengguna facebook akan mencapai 500 juta orang. Padahal pada awal Februari 2010 lalu jumlah pengguna facebook baru mencapai 350 juta (sumber: Vivanews). Pertumbuhan yang fantastis!

Sebagaimana hukum permintaan di dunia internet, makin tinggi 'click' pada sebuah situs, makin bernilai pula situs tersebut. Pemasang iklan pun berebut memasang iklannya di situs yang ramai dikunjungi orang. Maka, berapa nilai kapitalisasi situs Facebook? Jangan kaget dan jangan heran! Sebuah situs dengan jumlah ratusan juta orang sebagai anggotanya, pada tahun 2008 dinilai seharga US$ 15 milyar (atau bila kurs $1= Rp 9.000, maka nilai kapitalisasi situs facebook kira-kira sebesar Rp 13,5 triliun!). Luar biasa...hanya sebuah situs tapi memiliki nilai yang luar biasa besar. Hitungan ini berdasarkan nilai pembelian saham Facebook sebanyak 1,6% oleh Microsoft, yang dihargai $240 juta (sumber: ini).

Anda tergiur? Siapa yang tidak tergiur, iya kan? Tapi yang perlu diingat, tidak ada kekayaan yang dapat dicapai secara instan,kecuali cara-cara yang dilakukan Gayus, dengan resiko kita tahu sendiri. Gayus lagi, Gayus lagi....capee dehhh


EmoticonEmoticon