Kamis, 30 September 2010

Mark Zuckerberg

Anak muda ini ‘bukan apa-apa’ bila ia tidak kreatif sehingga menciptakan sesuatu yang setiap hari jutaan orang mengaksesnya. Berkat kecerdasan dan kesukaannya pada program-program komputer (sehingga saat itu mampu membuat program music Synapse Media Player dan membuat versi game ‘Risk’), Mark berhasil membuat revolusi jejaring dunia maya.

Ya, anak muda bernama lengkap Mark Elliot Zuckerberg ini telah membuat situs jejaring yang kini menjadi terkenal sejagad, Facebook.com. Lalu, seperti apa profil Mark Zuckerberg?

Berikut adalah gambaran Mark Zuckerberg sebagaimana terangkum di en.wikipedia.org.

Mark Zuckerberg lahir pada tanggal 14 Mei 1984 di White Plains, New York. Dia besar di Dobbs Fery, New York. Ayahnya adalah seorang Yahudi, tetapi Zuckerberg memilih Atheis. Dia memulai (belajar) pemrograman komputer saat di sekolah menengah. Zuckerberg sekolah SMA di Ardsley High School, kemudian pindah ke Philips Exeter Academy.

Kepandaiannya membuat program komputer diwujudkan dengan membuat sebuah game bernama Risk. Dia juga membuat software pemutar lagu, Synapse Media Player. Sebuah software yang dilengkapi kecerdasan artificial untuk mempelajari kebiasaan mendengar para penggunanya. Microsoft dan AOL (America On line) mau membeli program ini dan merekrut Zuckerberg, tetapi ditolak. Sebaliknya, Zuckerberg malah memutuskan kuliah di Harvard College pada September 2002.

Zuckerberg menyebut dirinya sebagai hacker dan mengatakan bahwa nge-hack bukanlah tentang merusak dan memasuki (breaking and entering), melainkan masuk untuk memperbaikinya.

Facebook

Facebook pertama kali di-launching pada tanggal 4 Februari 2004 dari kamar asramanya di Harvard College. Pada mulanya situs ini diperkenalkan di sekolah/kampus, seperti Stanford, Dartmouth, Columbia, New York University, Cornell, Brown, Yale , dan lainnya.

Pada musim panas tahun 2004, bersama teman sekamarnya, Dustin Moskovitz, serta beberapa teman lainnya, Zuckerberg pindah ke Palo Alto, California dan menyewa sebuah rumah untuk dijadikan kantor.

Kini, Facebook mengalami perkembangan luar biasa, baik dari sisi ‘user’-nya maupun dari sisi pendapatannya. Terhitung pada tanggal 21 Juli 2010, jumlah user Facebook sudah mencapai 500 juta orang dan menempatkannya sebagai situs nomor 2 (dua) terbesar/paling banyak diakses di seluruh dunia setelah Google, menurut Alexa.com. Saat ini Facebook sudah mempekerjakan 1700 orang dan lebih satu juta orang pengembang (developer).

Dari sisi pencapaian pendapatan pun Facebook memperoleh income yang luar biasa besar. Kini, Zuckerberg, yang memiliki 24% saham, telah memiliki kekayaan sebanyak US$ 6,9 milyar atau Rp 62,1 trilyun! (asumsi kurs Rp 9000/USD). Dan menempatkannya sebagai orang terkaya nomor 23 tahun ini diantara 400 orang kaya dunia versi Forbes.com

Pencapaian ini menempatkan Zuckerberg sebagai urutan teratas dari 100 orang paling berpengaruh di era informasi tahun 2010 versi majalah Vanity Fair. Padahal pada tahun 2009, peringkatnya masih di nomor 23.

Semoga memberi inspirasi..............

Source:
http://mangtholib.com

1 comments so far


EmoticonEmoticon