Selasa, 28 September 2010

Mengenal Kartel Obat Bius Meksiko

Beberapa hari ini kekerasan di Meksiko menghiasi pemberitaan di surat kabar. Kekerasan tersebut dilakukan oleh kartel-kartel obat bius yang beroperasi di sana, baik terhadap aparat keamanan, pejabat pemerintah maupun antar kartel itu sendiri karena persaingan usaha atau perebutan jalur penyelundupan.

Beberapa kartel (cartel) yang cukup kondang di Meksiko, bahkan di dunia adalah di bawah ini:
(Sumber: Mangtholib.com)

Kartel Teluk (Gulf Cartel) di Matamoros, negara bagian Tamaulipas

Kartel Teluk ini yang paling kuat diantara kartel lainnya. Ini didukung oleh kekuatan paramiliter yang bernama Los Zetas. Los Zetas sebelumnya adalah sebuah kartel yang sangat kuat, yang didirikan oleh seorang mantan komandan militer Heriberto “El Lazca” Lazcano Lazcano.

Kartel Juarez di Ciudad Juarez, negara bagian Chihuahua

Kartel Juarez atau The Vicente Carrillo Fuentes organization memiliki kekuatan paramiliter yang bernama La Linea. Kartel ini dibentuk oleh saudara Vicente Carillo, yaitu Amado (meninggal pada tahun 1997 saat operasi plastik). Bercokolnya kartel di kota Juarez membuat kota ini sangat berbahaya dan menjadikan kota ini sebagai salah satu kota dengan tingkat pembunuhan tertinggi di dunia. Tahun 2009, 2600 orang terbunuh di kota ini.

Kartel Sinaloa di Culiacan, negara bagian Sinaloa

Kartel Sinaloa dibentuk pada tahun 1989. Pimpinan kartel ini adalah Joaquin “El Chapo alias Si Cebol” Guzman Loera dan masuk daftar sebagai orang terkaya menurut Forbes. Kartel Sinaloa mengendalikan penyelundupan kokain dari Amerika Selatan ke seluruh dunia. Pada Juli 2010, aparat keamanan berhasil menewaskan pemimpin nomor 3 kartel ini, yaitu Ignacio “Nacho” Coronel.
Kartel Tijuana di Tijuana, negara bagian Baja California

Kartel Tijuana dikendalikan oleh keluarga Arellano Felix. Kartel ini dibentuk pada tahun 1989. Dan pada tahun 2008, kartel Tijuana pecah menjadi dua, masing-masing dipimpin oleh Fernando “El Ingeniero” Sanchez Arellano dan Eduardo Teodoro “El Teo” Garcia Simental (ditangkap pada Januari 2010).

Kartel La Familia di Morelia, negara bagian Michoacan

Ada dua kepemimpinan di kartel ini, yaitu Jose “El Chango” Mendez Vargas dan Nazario Moreno Gonzalez, dikenal sebagai “El Mas Loco” or “The Craziest One” (orang paling gila). Kartel ini beraliansi dengan Gulf cartel (kartel Teluk).

Kartel Beltran-Leyva di negara bagian Sinaloa

Kartel ini memiliki jaringan paling luas, meliputi Pantai Pasifik sampai wilayah Timur Laut Mexico. Sebelumnya, Beltran-Leyva adalah bagian dari kartel Sinaloa hingga tahun 2008. Pemimpin kartel ini adalah Arturo “Jefe de Jefes” Beltran-Leyva, yang terbunuh pada 16 Desember 2009. Dan penggantinya adalah saudara laki-lakinya, Hector. Serta pemimpin lainnya, yaitu Edgar “La Barbie” Valdez Villarreal (pada awal September 2010, La Barbie telah ditangkap aparat keamanan)


EmoticonEmoticon