Rabu, 01 September 2010

Berapa Nilai Website Anda?


Saat browsing alias jalan-jalan di dunia maya, saya menemukan sebuah situs bagus yang menyediakan tools untuk menilai sebuah situs (website) lain. Situs ini sangat bermanfaat bagi siapa saja yang memiliki blog/situs untuk menilai berapa sih 'kapitalisasi' situs kita. Terlebih bila kita memproyeksikan sebuah blog/situs untuk dijadikan barang dagangan (untuk dijual dikemudian hari).

Dibanding situs lain seperti domainlogr.com atau pastebin.com, situs ini jauh lebih baik dalam menilai sebuah website. Jauh lebih baik karena penilaiannya lebih mendalam dan melalui beberapa step (sampai sepuluh step penilaian).

Saya pernah dibuat terkesima oleh penilaian Domainlogr.com terhadap blog saya ini (wongcikawung.blogspot.com). Domailogr.com pernah melakukan estimasi value blog saya sebesar $1,825 (hampir Rp 18 jutaan), dan daily income sebesar $3, serta perkiraan kunjungan per hari 857 kunjungan. Tetapi ternyata 'estimasi' tersebut ternyata ngawur dan asbun! Maklum, namanya juga estimasi! Saya tidak tahu apakah model estimasi tersebut hanyalah promosi dalam rangka menarik orang mengunjungi situs (Domainlogr.com) tersebut. Ada-ada saja cara orang menarik 'kunjungan' ke website-nya!

Website yang saya maksud di judul posting ini adalah Yourwebsitevalue.com. Website ini menyediakan jasa penilaian sebuah situs secara gratis melalui beberapa langkah penilaian. Beberapa langkah tersebut dilakukan dalam waktu yang cepat (tidak sampai 10 detik) sehingga pemilik situs yang dinilai tidak bosan menunggu. Dan karena penilaiannya, menurut saya, obyektif dan kredibel, maka nilai yang dihasilkan mendekati kebenaran.

Diantara langkah (step) penilaian tersebut adalah menilai jumlah halaman yang diindeks search engine, jumlah site yang nge-link ke website kita, kualitas dan popularitas website kita, dan step-step lainnya.

Cara untuk mengetahui nilai (value) blog/situs kita, silakan masukan url di kolom yang disediakan yang terletak di sebelah kanan atas Yourwebsitevalue.com. Begitu url kita dimasukkan, maka penilaian langsung dilakukan dan dalam hitungan detik (meski melalui beberapa step) nilai website kita akan muncul.

Anda mau coba?


EmoticonEmoticon