Rabu, 13 Oktober 2010

Berapa Pendapatan Google Tahun 2007-2009?

Di dunia maya, Google.com adalah penguasa. Kenapa? Karena jutaan pengakses internet di seluruh dunia menjadikan Google sebagai rujukan nomor satu dalam mencari apapun informasi di internet (#1 search engine). Alexa.com pun menetapkan Google.com sebagai situs yang paling banyak diklik, sehingga menempatkannya di posisi pertama pemeringkatan situs internet. Satu tingkat di bawah Google adalah situs Facebook.

Posisi yang demikian bergengsi dan strategis ini membuat para pengiklan rela antri agar produknya tayang di Google dan jaringannya. Jadi tidak mengherankan bila Google memperoleh pendapatan (income) yang luar biasa besar dari para pengiklan. Berapa besar pendapatan Google, nanti akan dipaparkan di bawah. Sebelumnya, coba kita lihat sekilas pandang mengenai Google. Apa makna Google, siapa pendiri dan kapan didirikan serta siapa saja anggota direksinya saat ini.

Apa sih arti Google?

Dari penelusuran diketahui bahwa Google berasal dari kata "Googol" yang merupakan istilah matematika untuk sebuah angka 1 yang diikuti oleh 100 angka nol. Istilah tersebut diciptakan oleh Milton Sirotta, keponakan dari ahli matematika Amerika Edward Kasner, dan dipopulerkan di dalam buku, "Mathematics and the Imagination" karya Kasner dan James Newman. Penggunaan istilah Google mencerminkan misi perusahaan untuk mengorganisasi informasi di web yang berukuran sangat besar.

Google didirikan oleh Larry Page dan Sergey Bin. Sebagai sebuah inkorporasi (perusahaan), Google resmi berdiri pada 4 September 1998. Penjualan saham ke public (Go Public) di bursa Nasdaq pada 19 Agustus 2004. Alamat kantor pusatnya di 1600 Amphitheatre Parkway, Mountain View, CA 94043 (negara bagian California).

Sekilas Tentang Larry Page

Sebagai anak dari Dr. Carl Victor Page, dosen ilmu komputer Michigan State University, kecintaan Larry terhadap komputer dimulai pada usia 6 tahun. Ketika mengikuti jejak ayahnya di bidang akademik, beliau mendapat gelar sarjana teknik dengan pujian dari University of Michigan, dengan konsentrasi pada rekacipta teknik informatika. Selama berada di Ann Arbor, Larry membuat printer inkjet dari balok-balok mainan Lego™.

Saat menempuh program Ph.D. di bidang ilmu komputer di Stanford University, Larry bertemu dengan Sergey Brin dan bersama-sama mereka mengembangkan dan mengelola Google yang mulai beroperasi di tahun 1998. Larry cuti dari Stanford setelah mendapatkan gelar masternya.

Pada tahun 2002, Larry mendapat julukan World Economic Forum Global Leader for Tomorrow. Beliau adalah anggota National Advisory Committee (NAC) dari University of Michigan College of Engineering, dan bersama-sama dengan Sergey Brin, Larry mendapat penghargaan Marconi Prize pada tahun 2004. Beliau adalah wali direksi dari X PRIZE, dan telah diangkat menjadi anggota National Academy of Engineering pada tahun 2004.

Sekilas Tentang Sergey Brin

Sergey Brin berasal dari Moskow, menerima gelar sarjana dengan pujian di bidang matematika dan ilmu komputer dari University of Maryland di College Park.

Sergey adalah penerima beasiswa National Science Foundation Graduate Fellowship dan juga penerima gelar MBA kehormatan dari Instituto de Empresa. Di Stanford-lah beliau bertemu Larry Page dan mengerjakan proyek yang kelak menjadi Google. Bersama-sama mereka mendirikan Google Inc. pada tahun 1998, dan sampai kini Sergey terus berbagi tanggung jawab dalam hal operasional sehari-hari bersama Larry Page dan Eric Schmidt.

Minat penelitian Sergey antara lain: mesin pencarian, ekstraksi informasi dari sumber-sumber yang tidak terstruktur, dan penggalian data dari sekumpulan teks dan data ilmiah dalam jumlah besar. Beliau telah menerbitkan lebih dari selusin makalah akademik termasuk Extracting Patterns and Relations from the World Wide Web; Dynamic Data Mining: A New Architecture for Data with High Dimensionality, yang diterbitkan bersama Larry Page; Scalable Techniques for Mining Casual Structures; Dynamic Itemset Counting and Implication Rules for Market Basket Data; dan Beyond Market Baskets: Generalizing Association Rules to Correlations.

Sergey pernah menjadi pembicara utama di beberapa forum akademik, bisnis, dan teknologi tingkat internasional, termasuk World Economic Forum dan Technology, Entertainment and Design Conference. Beliau telah berbagi wawasan tentang pandangannya seputar industri teknologi dan masa depan teknologi pencarian pada Charlie Rose Show, CNBC, dan CNNfn. Di tahun 2004, beliau dan Larry Page mendapat julukan “Persons of the Week” oleh ABC World News Tonight.

Dewan Direksi Google Inc

- Eric Schmidt, Ketua Dewan dan CEO
- Larry Page, Pendiri Bersama & Presiden bidang Produk
- Sergey Brin, Pendiri & Presiden bidang Teknologi
- Nikesh Arora, Presiden, Operasi Penjualan Global dan Pengembangan Bisnis
- Laszlo Bock, Wakil Presiden bidang Operasional Tenaga Kerja
- Shona L. Brown, Wakil Presiden Senior, Operasi Bisnis, Google Inc.
- W. M. Coughran, Jr., Wakil Presiden Senior bidang Rekacipta
- David C. Drummond, Wakil Presiden Senior bidang Pengembangan Korporat dan Chief Legal Officer
- Alan Eustace, Wakil Presiden Senior, Rekacipta & Penelitian
- Urs Hölzle, Wakil Presiden Senior bidang Operasional & Google Fellow
- Jeff Huber, Wakil Presiden Senior bidang Rekacipta
- Omid Kordestani, Penasihat Senior, Kantor CEO dan Pendiri
- Patrick Pichette, Wakil Presiden Senior & Chief Financial Officer
- Jonathan Rosenberg, Wakil Presiden Senior bidang Manajemen Produk dan Pemasaran
- Rachel Whetstone, Wakil Presiden, Kebijakan Publik dan Komunikasi
- Susan Wojcicki, Wakil Presiden bidang Manajemen Produk

Laporan Keuangan

Berikut adalah data pendapatan Google tahun 2007 s.d. 2009 serta tahun berjalan, 2010, kuartal I dan II.



*) Catatan:
Tren pendapatan Google terus naik sejak 2007 hingga kuartal II tahun ini.
Bila nilai pendapatan tahun 2007-2009 di-kurs-kan dengan rupiah (asumsi kurs Rp 9000/USD), maka menjadi sebesar Rp 149,35 triliun (2007), Rp 196,16 triliun (2008), Rp 212,86 triliun (2009). Jumlah pendapatan tersebut sungguh luar biasa besar bagi sebuah perusahaan online. Yang lebih mengagumkan, pendapatan tersebut rata-rata 97% berasal dari iklan.

Semoga bermanfaat and have a nice blogging.
Source:Google.co.uk & sumber lainnya


EmoticonEmoticon