Selasa, 12 Maret 2013

Kewajiban Pajak Pemilik NPWP

Hingga detik ini saya masih sering mendengar pertanyaan, apa saja sih kewajiban pajak bagi Wajib Pajak (WP) yang baru terdaftar? Wajarlah bila masih banyak mendengar pertanyaan seperti itu karena hampir setiap hari ada saja wajib pajak yang baru terdaftar. Bisa Wajib Pajak Orang Pribadi maupun Badan Usaha (PT, CV, Koperasi, Yayasan, Firma, Bentuk Usaha Tetap atau BUT atau Permanent Establishment).

Siapa pun (entah orang pribadi maupun badan hukum) yang baru terdaftar di Kantor Pelayanan Pajak atau KPP (ditandai dengan pemilikan Nomor Pokok Wajib Pajak atau NPWP), akan memperoleh sebuah surat yang namanya Surat Keterangan Terdaftar (SKT). Surat ini berisi data nama, NPWP, alamat, jenis usaha dan kewajiban pajak yang harus dilaksanakan oleh Wajib Pajak.

Nah, bagi yang masih belum mengerti kewajiban pajak apa saja yang mesti dilaporkan ke KPP, maka lihat saja di SKT tersebut. Berikut adalah kewajiban pelaporan pajak bagi WP baru.

Untuk WP Orang Pribadi (WP OP) karyawan, maka tidak ada kewajiban pelaporan pajak setiap bulan. WP ini berkewajiban hanya sekali setiap tahun, yaitu melaporkan SPT Tahunan PPh Orang Pribadi (Form 1770 S atau Form 1770 SS). Form 1770 S digunakan untuk melaporkan harta dan penghasilan bagi karyawan dengan gaji di atas Rp 60 juta setahun.

Sedangkan Form 1770 SS digunakan untuk melaporkan harta dan kewajiban bagi karyawan dengan gaji di bawah Rp 60 juta setahun.
Untuk WPOP yang memiliki usaha atau pekerjaan bebas (termasuk karyawan yang memiliki usaha sampingan), maka di samping melaporkan SPT Tahunan (kewajiban pelaporan pajak tahunan adalah menyampaikan SPT Tahunan PPh OP Form 1770), juga berkewajiban untuk lapor SPT secara bulanan. Kewajiban pelaporan pajak setiap bulan adalah Pajak Penghasilan (PPh) Pasal 25 dan PPh Pasal 21 (yaitu pajak atas gaji karyawan apabila WPOP tersebut memiliki karyawan).

WPOP berkewajiban melaporkan SPT PPN atau Pajak Pertambahan Nilai apabila yang bersangkutan telah dikukuhkan sebagai Pengusaha Kena Pajak (bila belum dikukuhkan sebagai PKP, maka tidak ada kewajiban melaporkan SPT PPN). Pengukuhan sebagai PKP dilakukan apabila Orang Pribadi tersebut telah memperoleh omzet Rp 600 juta atau lebih setahun.

Untuk WP Badan Usaha, kewajiban pelaporan pajak setiap bulan minimal adalah dua jenis SPT, yaitu SPT Masa PPh Pasal 25 badan (dalam bentuk SSP lembar ke-3) dan SPT Masa PPh Pasal 21 (pajak atas gaji karyawan). Sesuai aturan terbaru, apabila WP ada kewajiban setor PPh Pasal 25 dan telah menyetornya ke bank atau kantor pos, maka WP tersebut tidak perlu melaporkan SSP PPh Pasal 25 lembar ke-3 ke KPP.
Bila WP Badan Usaha telah dikukuhkan sebagai Pengusaha Kena Pajak, maka setiap bulan dia wajib melaporkan SPT Masa PPN.

Sanksi

Berkenaan dengan kepemilikan NPWP, maka kewajiban yang melekat pada pemegang NPWP tersebut harus dilaksanakan. Bila tidak dilaksanakan, ada sanksi yang dikenakan. Sanksi-sanksi tersebut adalah:

Pasal 7 Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2007
Apabila Surat Pemberitahuan tidak disampaikan dalam jangka waktu sebagaimana dimaksud dalam Pasal 3 ayat (3) atau batas waktu perpanjangan penyampaian Surat Pemberitahuan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 3 ayat (4), dikenai sanksi administrasi berupa denda sebesar Rp 500.000,00 (lima ratus ribu rupiah) untuk Surat Pemberitahuan Masa Pajak Pertambahan Nilai, Rp 100.000,00 (seratus ribu rupiah) untuk Surat Pemberitahuan Masa lainnya, dan sebesar Rp 1.000.000,00 (satu juta rupiah) untuk Surat Pemberitahuan Tahunan Pajak Penghasilan Wajib Pajak badan serta sebesar Rp 100.000,00 (seratus ribu rupiah) untuk Surat Pemberitahuan Tahunan Pajak Penghasilan Wajib Pajak orang pribadi.






130 comments

maaf, saya sudah membaca artikel ini dan... masih tidak mengerti. Jadi intinya apa saja kewajibannya? apa cuma melaporkan secara tahunan? (saya dengar ada yg bulanan), lalu ada biaya apa saja? lalu laporan itu dalam bentuk apa? Bagaimana kalau saya bahkan berpenghasilan minim (tidak sampai 6 juta / tahun)?

@Anonim, trims atas pertanyaannya.
Pemilik NPWP orang pribadi dibagi dua. Pertama, NPWP Orang Pribadi yg bekerja sebagai karyawan. Maka kewajiban perpajakan dia hanya satu kali dalam satu tahun, yaitu lapor SPT Tahunan. Kalo belum punya NPWP, tidak ada kewajiban lapor.

Kedua, NPWP Orang Pribadi yang memiliki pekerjaan bebas (pedagang, pengusaha, dll). Maka kewajiban pajaknya adalah setiap bulan, yaitu -paling tidak- melaporkan SPT Masa PPh Pasal 25 (dalam bentuk Surat Setoran Pajak/SSP) dan setiap tahun yaitu SPT Tahunan.
---Biaya apa ya maksudnya? kantor pajak tidak memungut biaya apapun kepada Wajib Pajak.
Bila anda berpenghasilan minim yang diperoleh dari gaji dan sudah memiliki NPWP, maka Anda tetap wajib lapor pajak, yaitu lapor SPT Tahunan.

Semoga membantu......
Bila masih kurang jelas juga, silakan ditanyakan kembali.

Maaf saya mau tanya kebetulan saya seorang penulis, dan saya telah membuat npwp sekitar satu tahun yang lalu paska terbitnya buku saya (konon kalau tidak buat npwp potongannya lebih besar).

artinya saya memiliki untuk lapor setiap bulan ya? dan ada laporan tahunan? bagaimana ya kira-kira prosesnya? maaf saya buta sekali soal ini, oh ya sebelumnya terimakasih =)

@Anonim, terimakasih atas pertanyaannya.
Mohon maaf baru hari ini saya jawab pertanyaan Anda (saat liburan saya tidak online).
Bila penghasilan Anda semata-mata dari menulis (mendapat honor atau royalty dan atas honor atau royalty tersebut telah dipotong PPh nya), maka kewajiban Anda setiap bulan tetap wajib lapor PPh Pasal 25 NIHIL (tidak ada setoran).
Cara lapor PPh Pasal 25 :
Silakan Anda datang ke KPP terdekat, minta SSP dan isi sekalian di situ. Bila tidak tahu cara isi SSP, bisa minta ke petugas yg ada. Setelah diisi, silakan dilaporkan/sampaikan ke loket yg ada.

Anda juga diwajibkan lapor SPT Tahunan (untuk tahun pajak 2011 dilaporkan paling lambat 31 Maret 2012).

Semoga membantu. Bila masih ada yg kurang jelas, silakan ditanyakan.
Terima kasih

Saya pedagang kelontong,baru membuat npwp bln des kmrn untk keperluan kredit bank. Kewajiban apa yg hrs saya laporkan atau sy byr.

@Anonim, trims sudah mampir ke blog saya.
Orang yang mendaftar untuk memperoleh NPWP akan diberi SKT (Surat Keterangan Terdaftar) oleh petugas. Di SKT tersebut dicantumkan kewajiban perpajakan (biasanya ada tanda silang pada tiap jenis pajak).
Bila Anda tidak menerima SKT, maka menurut ketentuan, Anda minimal melaporkan PPh Pasal 25 setiap bulan (PPh Pasal 25 dilaporkan paling lambat tgl 20 bulan berikutnya dengan menggunakan SSP-Surat Setoran Pajak).

Berapa pajak yg harus dibayar?

Oleh karena Anda adalah pedagang kelontong, maka besarnya pajak yang harus dibayar adalah 0,75% x omzet per bulan.
(dibayar paling lambat tgl 15 bulan berikutnya di bank atau kantor pos).

Semoga membantu.

Barusan saya registrasi NPWP online dengan SURAT KETERANGAN TERDAFTAR SEMENTARA Nomor : PEM-0003235ER/WPJ.01/KP.0603/2012, langkah selanjutnya apa ya?? sebenarnya saat ini sy belum bekerja, sedang mnunggu hasil test kesehatan. Apabila test kesehatannya lulus, maka akan diadakan tanda tangan kontrak, dan salah satu persyaratan ttd kontrak tsb adalah harus punya NPWP. Bagaimana cara mendapatkan kartu npwp tsb?

@anonim, langkah selanjutnya adalah Anda cetak Surat Keterangan Terdaftar Sementara, formulir pendaftaran online-nya kemudian dibawa ke Kantor Pelayanan Pajak terdaftar ditambah fotokopi KTP.

Semoga membantu.

saya membuat NPWP bulan januari 2012 atas nama cv,tapi tidak melaporkan Ke dinas pajak setempat karena menunggu penerbitan SIUP dll dan menunggu beroperasi. Pas saya mau lapor tanggal 22 juni 2012 dari dinas pajak katanya didenda Rp.200.000,- perbulan jadi total kena 1 juta. bagaimana penjelasannya. terima kasih ( mohon jawaban dikrimkan juga ke email saya: fajarmandiri3@yahoo.com)

@Anonim, terima kasih atas pertanyaannyaa.....
Begini, kewajiban pajak untuk sebuah badan hukum (PT,CV, Koperasi, Yayasan, Firma, dan lainnya) yang berstatus pusat (bukan cabang) minimal 2 jenis, yaitu PPh Pasal 25 dan PPh Pasal 21.

Bila kedua jenis pajak tersebut tidak dilaporkan atau dilaporkan tetapi terlambat, maka sanksi dendanya adalah Rp 100.000 per jenis pajak. Jadi untuk 2 jenis pajak kena dendanya Rp 200.000.

Untuk kasus perusahaan saudara kemungkinan karena dari bulan Januari s.d. Mei (5 bulan) tidak lapor, maka kena dendanya Rp 1.000.000.

Semoga cukup jelas yaaa....

Terima kasih.

Maaf saya mau tanya, apakah pembuatan NPWP boleh diwakilkan? karena bos saya menyuruh saya untuk membuatkan NPWP atas dirinya.

@Anonim, trims telah mampir di blog saya.
Pembuatan NPWP boleh diwakilkan dengan cara Anda mengambil formulir pendaftaran NPWP, kemudian diisi dan ditandatangani oleh boss Anda di kantor. Baru kemudian form tsb dibawa kembali ke KPP dilampiri fotokopi KTP.

Terima kasih.

Maaf mau nanya, saya memiliki usaha kecil rumah tangga milik kelompok. kalau saya membuat NPWP, apa saja kewajiban saya?
trims sebelumnya

@Anonim, trims sudah mengajukan pertanyaan...
Menjawab pertanyaan Anda, silakan lihat paragraf 5 baris ke-tiga tulisan saya di atas.

Bila masih kurang jelas, silakan ditanyakn kembali.
Terima kasih.

saya memiliki CV yang belum 1 tahun dan tiap bulan melapor Pph 25 dan 21 sebagai pemilik cv saya juga punya npwp ..untuk kewajiban tahunan selain SPT cv apakah harus membuat spt tahunan untuk perusahaan dan pribadi sendiri2..trims

@Anonim, thanks ya udah mampir di blog saya.
Menjawab pertanyaan Anda:
Iya, Anda sebagai pribadi dan CV sebagai badan usaha wajib membuat SPT Tahunan dan menyampaikannya ke kantor pajak.
Untuk SPT Tahunan PPh Orang Pribadi dilaporkan paling lambat 31 Maret dan SPT Tahunan Badan Usaha dilaporkan paling lambat 30 April.

Terima kasih.

saya mendaftar npwp online tadi sore, saya cetak form registrasi+SKTS bsok dkrm ke kpp kota asal. Yg saya tanyakan
1.kapan npwp saya terbit,apakah setelah form sampai di kpp kota asal saya? Berapa hari? (saya pake pos kilat domisili bogor,kependudukan cilacap)
2.dimana npwp saya terbit? Bogor atau cilacap?

Terima kasih

@Anonim: trims udah mampir yaa...
NPWP bisa dicetak apabila surat sudah diterima oleh KPP terkait.
Kartu NPWP dicetak di KPP dimana terdaftar (sesuai KTP domisili).

Semoga membantu....
Terima kasih.

maaf pak saya mau tanya..... saya dulu membuat npwp itu karena salah satu persyaratan yang harus dilengkapi untuk berangkat kerja ke salah satu perusahaan... tapio sampai sekarang saya blum berangkat dan tidak bekerja.. jadi apa yang harus saya lakukan sebagai pemegang npwp????????????

@Anonim, trims atas pertanyaannya.
Sebagai pemegang NPWP diwajibkan melaporkan -minimal- Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT). SPT Tahunan Orang Pribadi dilaporkan paling lambat 31 Maret. Silakan datang ke kantor pajak terdekat untuk konsultasi masalah penyampaian SPT.

Bila sampai hari ini Anda belum memperoleh pekerjaan, NPWP bisa dibuat non aktif. Buat saja surat permohonan non aktif NPWP ke kantor pajak terdekat. Sehingga anda tidak perlu lagi lapor pajak.

Terima kasih.

Saya Rizqi,
mau menanyakan, saya sudah memliki SPT cetak yang diberikan oleh perusahaan dimana saya bekerja, saya hanya perlu untuk melaporkannya ke kantor pajak. Yang mau saya tanyakan, SPT ini dilaporkan di kantor pajak sesuai domisili atau boleh dimana saja ? Dan apa saja yang perlua dibawa ke kantor pajak saat pelaporan SPT selain form SPT itu sendiri ?
Terima kasih

@Rizqi: trims yaa udah mampir....
Menjawab pertanyaan Anda, sebagai seorang karyawan perusahaan yang akan melaporkan SPT Tahunan, cukup membawa formulir SPT dan form 1721 A1 (lampiran rekapan gaji dan pemotongan pajak dari perusahaan).
Pelaporan boleh dilakukan dimana saja sepanjang di situ ada drop box penerimaan SPT Tahunan. Bisa juga SPT dikirimkan via kantor pos.

Semoga membantu.
Terima kasih.

Selamat siang Pak Abu Tholib.
Saya mau bertanya untuk SPBU non PKP yg sudah berjalan dari juli'11-sekarang, tapi belum pernah lapor pajak sama sekali setiap bulan/tahunnya.
Kemudian untuk pembelian ke pertamina, DOnnya untk pembebanan Ppn, Pbbkb, Pph 22 nya atas nama pribadi, bukan atas nama PT.
Jadi laporan/setoran (serta lampiran) pajak apa saja yang harus disiapkan?
Terimakasih atas jawabannya ...

@Anonim: trims yaaa...
Ini pertanyaan untuk Wajib Pajak Orang Pribadi atau perusahaan (PT) ?
Kewajiban pajak SPBU (non PKP) yaitu menyampaikan SPT Masa PPh Pasal 21 setiap bulan dan menyampaikan SPT Tahunan. Untuk formulir nya bisa minta ke KPP terdekat.

Semoga membantu. bila masih ada yg kurang jelas, silakan ditanyakan kembali.

saya guru swasta dg gaji sekitar 1 jt,saya sudah punya NPWP daftar tgl 29-11-2012 dan belum melapor SPT apakah saya harus melapor sekarang dan apakah saya dikenai denda, tgl berapa batas akhir pelaporan NPWP? ,makasih

Yahud sekali posnya bung, simple tapi informatif :D

@Anonim: trims sudah berkunjung.
Mohon maaf baru membaca pertanyaan Anda. Anda wajib lapor SPT Tahunan meski NPWP baru terdaftar tgl 29-11-2012. Apakah dikenai denda atau tidak, itu tergantung terlambat atau tidak pelaporan SPT nya. Terima kasih.

@Satrio Ramadhan: terima kasih sudah mampir mas.

saya Rahmaida bekerja di bengkel sebagai admin,bos saya sudah terdaftar menjadi PKP pada tgl 02 oktober 2012,setiap bulannya saya sudah melaporkan PPh Pasal 25,21 dan PPn nya,dan NPWP nya masi orang pribadi,yang ingin saya tanya,,,apakah saya wajib melaporkan SPT Tahunan,dan jangka waktu yg telah ditentukan sudah lewat,,,apakah masih bisa dilaporkan???dan bagaimana caranya???

@Rahmaida : trims ya udah mengajukan pertanyaan....
Iya, boss Anda wajib melaporkan SPT Tahunan PPh Orang Pribadi tahun 2012 (meskipun telah terlambat).
Caranya: Anda datang saja ke kantor pajak terdekat dan minta Formulir SPT Tahunan PPh Orang Pribadi (Form 1770) sekalian minta dijelaskan cara pengisiannya.

Semoga membantu.
Terima kasih

pak Abu, saya ingin tanya, kan per-maret 2013 itu PTKP berubah menjadi Rp24.300.000, sehingga gaji saya otomatis berada dibawah PTKP yg baru, apakah saya tetap melakukan laporan tahunan ? ataukah harus melapor bahwa tidak lagi menjadi PKP?

Pak Abu, melanjuti pertanyaan saya tertanggal 26 Maret 2013 tentang Laporan Pajak SPBU.
Yang ingin sayaa tanyakan untuk pelaporan PPN, Pph 22 dan Pbbkb itu dilaporkan di SPT Perusahaan atau SPT Perorangan (Sementara DO pembelian BBM ke pertaminanya atas nama pribadi, tapi dijual di SPBU an.perusahaan) ...
Terimakasih

@Lim Yu, trims atas pertanyaannya....
Sepanjang Anda masih memiliki NPWP, Anda tetap berkewajiban melaporkan SPT Tahunan. Trims

@Anonim, menjawab pertanyaan Anda....
SPBU yg semata2 hanya menjual BBM (yg sudah dikenakan pajak final) kewajiban pelaporan pajak setiap bulan hanya SPT PPh Pasal 21 (pajak atas gaji karyawan). Saya dengar bahwa Pertamina menetapkan kebijakan SPBU harus berbentuk badan hukum (perusahaan), bukan perorangan.

Semoga membantu.

saya ingin menanyakan, kalau suatu perusahaan PT baru dibentuk bulan november 2012 dan belum mulai bekerja (belum ada penghasilan) sampai bulan april ini, apakah tetap perlu dilakukan pelaporan SPT Tahunan Badan 2012?
Terimakasih atas bantuannya.

@Anonim: trims atas pertanyaannya.
Meskipun masih terhitung baru sebagai Wajib Pajak, perusahaan Anda tetap berkewajiban untuk melaporkan SPT Tahunan. Apabila memang belum ada penghasilan, silakan dilaporkan Nihil.

Semoga membantu.
Terima kasih.

Saya ingin melanjutkan pertanyaan ttg perusahaan baru yg belum ada penghasilan, apakah juga ada laporan pajak bulanan yang perlu dilaporkan wajib pajak badan?

Terimakasih

@Anonim: Betul. Ada kewajiban lapor pajak bulanan (yaitu SPT PPh Pasal 21 & PPh Pasal 25).
Utk lapor PPh Pasal 25, bila belum ada pajak yg harus disetor, maka laporannya Nihil (dg menggunakan SSP. Kode akun pajak dan kode jenis setoran 411126 100).

Semoga membantu.

halo pak abu,

saya memiliki cv yang bergerak di bidang IT. cv saya ber-NPWP badan dan sudah PKP.
saat ini saya memiliki 2 orang karyawan tidak tetap (yang tidak ber-NPWP).
jika saya memiliki kontrak senilai 45 Juta dan melibatkan kedua karyawan tersebut, bagaimana pelaporan pajaknya ya.
1. saya harus melaporkan PPH yang mana saja?
2. Apakah kontrak saya dikenai PPN?

terima kasih banyak

Salam kenal pa Abu,

Saya mau tanya, saya pakai npwp pribadi untuk membeli produk ke suatu pabrik dan kemudian saya jual kembali, apakah wajib lapor atau tidak? Mohon pencerahannya pa. Terimakasih

@Penanya: trims udah bertanya.....
Menjawab pertanyaan Anda, PPh yang wajib dilaporkan adalah PPh Pasal 21 yaitu terkait dengan upah yg dibayarkan kpd karyawan Anda. PPh terkait laba perusahaan dari kontrak tsb dilaporkan di akhir tahun (SPT Tahunan). Iya, kontrak pekerjaan Anda dikenai PPN.

trims

@Anonim: trims juga sudah mengajukan pertanyaan...
Atas kegiatan Anda tersebut wajib dilaporkan nanti di SPT Tahunan.

Semoga membantu...
Terima kasih.

Bang Abu, sya mau tanya nih. Saya mengelola Penerbitan Indie sebuah Yayasan. Dari penerbitan indie ini saya mengambil keuntungan cetak Rp1.000 -Rp.3000 setiap buku yang dicetak, tergantung jumlah cetaknya. Semakin banyak yang dicetak, semakin sedikit komisi saya sebagai pengelola. Karena Yayasan sudah punya NPWP, bagaimana pajak usaha penerbitan yang saya kelola ini? Berapa % besar pajak yang harus dibayarkan? Jenis pajaknya termasuk pajak apa? terima kasih

@paramarta: trims udah mampir.
Semua Wajib Pajak yang memiliki NPWP wajib melaporkan penghasilan yang diterimanya. Begitupun yayasan yg menerima penghasilan. Atas penghasilan yg diperoleh yayasan wajib dilaporkan di SPT Tahunan.Tarif pajaknya 12,5% (PPh Pasal 29) dari penghasilan kena pajak (penghasilan neto yayasan).

Semoga membantu.
Terima kasih.

Assalamu'alaikum wrwb.
Pak saya mau tanya,
Saya baru memulai usaha rumah tangga berbentuk UD dg karyawan sebanyak 2 orang. Sebentar lagi sy akan membuat NPWP utk UD saya. Nantinya bgmanakah penghitungan pajak yg hrs sy bayar tiap bulan?tarif pajak yg harus saya bayar dihitung dari omset atau dari keuntungan. Omset saya sekitar 10 jt dengan keuntungan 3 jt per bulan. Apakah karyawan saya yg gajinya sekitar 1 jt per bulan jg hrs punya NPWP? Trmksh banyak Pak. Wasswrwb.

@Anonim: trims udah mampir.
Pajak yg harus anda tiap bulan sebesar : total omzet per bulan x 0.75%. Bila omzet anda pd bulan Mei Rp 10.000.000 maka pajak yg harus anda bayar Rp 75.000.
Karyawan yg gajinya di bawah Rp 2.025.000/bulan tidak wajib memiliki NPWP. tapi kalo ybs ingin punya NPWP, ya silakan daftar ke kantor pajak terdekat.

Semoga membantu.
Terima kasih.

maaf mau tanya,saya sudah terlanjur terdaftar NPWP pribadi,tapi saya belum bekerja,apakah NPWP boleh dihapus?
terimakasih,mohon jawabanya.

Pak saya mau nanya,
Saya sdh trdaftar NPWP orng pribadi sjk lama.saya sdh mnyetorkan pajaknya tiap thn dngn SSP k'bank,tp blm mnyampaikan SPTnya dr thn 2011.apakah hrs dsmpaikan SPT saya dr thn 2011 itu?
Terimakasih atas jwbnnya

@Subantoro: trims ya udah mengajukan pertanyaan.
Sesuai peraturan terbaru mengenai penghapusan NPWP, yaitu Pasal 9 Ayat 4 PER- 20/PJ/2013 tgl 30 Mei 2013, Penghapusan Nomor Pokok Wajib Pajak atas permohonan Wajib Pajak atau secara jabatan dilakukan berdasarkan hasil Verifikasi sebagaimana dimaksud pada ayat (3), apabila penghapusan tersebut dilakukan terhadap:

a. Wajib Pajak orang pribadi yang telah meninggal dunia dan tidak meninggalkan warisan;

b. Wajib Pajak bendahara pemerintah yang tidak lagi memenuhi syarat sebagai Wajib Pajak karena yang bersangkutan sudah tidak lagi melakukan pembayaran;

c. Wajib Pajak orang pribadi yang telah meninggalkan Indonesia untuk selama-lamanya;

d. Wajib Pajak yang memiliki lebih dari 1 (satu) Nomor Pokok Wajib Pajakuntuk menentukan Nomor Pokok Wajib Pajak yang dapat digunakan sebagai sarana administratif dalam pelaksanaan hak dan pemenuhan kewajiban perpajakan;

e. Wajib Pajak orang pribadi yang berstatus sebagai pengurus, komisaris, pemegang saham/pemilik dan pegawai yang telah diberikan Nomor Pokok Wajib Pajak melalui pemberi kerja/bendahara pemerintah dan penghasilan
netonya tidak melebihi Penghasilan Tidak Kena Pajak;

f. Wajib Pajak badan kantor perwakilan perusahaan asing yang tidak mempunyai kewajiban Pajak Penghasilan badan dan telah menghentikan kegiatan usahanya;

g. Warisan yang belum terbagi dalam kedudukan sebagai Subjek Pajak sudah selesai dibagi;

h. Wanita yang sebelumnya telah memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak dan menikah tanpa membuat perjanjian pemisahan harta dan penghasilan serta tidak ingin melaksanakan hak dan memenuhi kewajiban perpajakannya terpisah dari suaminya;

i. Wanita kawin yang memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak berbeda dengan Nomor Pokok Wajib Pajak suami dan pelaksanaan hak dan pemenuhan kewajiban perpajakannya digabungkan dengan pelaksanaan hak dan pemenuhan kewajiban perpajakan suami;

j. Anak belum dewasa yang telah memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak;

k. Wajib Pajak bentuk usaha tetap yang telah menghentikan kegiatan usahanya di Indonesia; atau

1. Wajib Pajak badan tertentu selain perseroan terbatas dengan status tidak aktif (non efektif) yang tidak mempunyai kewajiban Pajak Penghasilan dan secara nyata tidak menunjukkan adanya kegiatan usaha.

@Anonim: trims udah mampir.
Sebaiknya dilaporkan SPT Tahunan nya yaaa....

Pak sy mau nanya,apakah boleh mmbayar pph tahunan&SPT tahunan untuk th 2013 d'bulan ini?
Sblmnya Trims atas pencerahannya...

@Anonim: trims ya udah bertanya.....
Yang namanya pembayaran/pelaporan tahunan ya nunggu tahun yang bersangkutan habis. Bagaimana mau menghitung penghasilan setahun dan pajaknya bila tahun nya masih berjalan?

Semoga membantu.

salam. sya rahmat. sya mau tanya pak. sya sedang proses melamar kerja apa bisa buat npwp?, terus apa saja kewajibannya padahal belum punya pendapatan?

Hai pak,

Maaf merepotkan ya, saya mau tanya. Sebelum menikah saya memiliki npwp dr perusahaan tempat saya bekerja dan selalu taat bayar pajak, kemudian saya menikah dgn WNA dan resign dr perusahaan tersebut dan kami sekarang berdomisili di Singapore. Kami berdua permanent resident, dan sblmnya sayapun bekerja di bbrp perusahaan di singapore tetapi sudah hampir satu tahun ini saya menganggur dan hanya sebagai ibu rumah tangga, saya mengerti bahwa jika kita bertempat tinggal diluar indonesia dan tidak berpenghasilan dr indonesia maka tidak wajib membayar pajak indonesia tetapi pajak dinegara kita berdomisili (jika bekerja) yang mau saya tanyakan apakah saya masih wajib setiap tahunnya melaporkan SPT walopun nihil? terima kasih banyak.

Anonim mengatakan...
salam. sya rahmat. sya mau tanya pak. sya sedang proses melamar kerja apa bisa buat npwp?, terus apa saja kewajibannya padahal belum punya pendapatan?
-----------------------------------------------
Mas Rahmat, terima kasih atas pertanyaannya.
Siapapun bisa membuat NPWP, termasuk pengangguran sekalipun. Kewajiban setelah membuat NPWP ada pada isi tulisan di atas.

Diana Kusuma mengatakan...
Hai pak,
Maaf merepotkan ya, saya mau tanya. Sebelum menikah saya memiliki npwp dr perusahaan tempat saya bekerja dan selalu taat bayar pajak, kemudian saya menikah dgn WNA dan resign dr perusahaan tersebut dan kami sekarang berdomisili di Singapore. Kami berdua permanent resident, dan sblmnya sayapun bekerja di bbrp perusahaan di singapore tetapi sudah hampir satu tahun ini saya menganggur dan hanya sebagai ibu rumah tangga, saya mengerti bahwa jika kita bertempat tinggal diluar indonesia dan tidak berpenghasilan dr indonesia maka tidak wajib membayar pajak indonesia tetapi pajak dinegara kita berdomisili (jika bekerja) yang mau saya tanyakan apakah saya masih wajib setiap tahunnya melaporkan SPT walopun nihil? terima kasih banyak.
---------------------------------------------------
Terima kasih atas pertanyaannya....
Bila Anda sudah menjadi permanent resident sudah tentu Anda bukan lagi menjadi subjek pajak dalam negeri dan otomatis terbebas dari kewajiban perpajakan.

Terima kasih.

pak, mau tanya, kalau saya mendaftar via online , pengambilan bisa diwakilkan tidak? jam kerja kantor pelayanan pajak kapan saja ya? saya domisili jakarta . trrima kasih

@Chindy Chen:
kalau pengambilan boleh saja diwakilkan asal membawa print out hasil pendaftaran via online.
Pelayanan sampai jam 16.00.

Terima kasih.

saya mau tanya, kalau dah punya npwp apa tiap bulannya penghasilan kita dipotong pajak ? kalau iya, dipotong berapa % dari gaji? saya karyawan

pengambilan perlu sertakan surat kuasa? sabtu buka tidak ya? lalu pembuatan npwp sesuai domisili alamat ktp atau gmana yah? makasiiiiih :)

@Vidi Apsari: Gaji yg dipotong pajak adalah gaji yang sudah melebihi PTKP (Penghasilan Tidak Kena Pajak). Tarif pajak atas gaji bersih di bawah 50 juta adalah 5% (bila belum berNPWP maka tarif pajak 6%). Besarnya PTKP Rp 2.025.000.

@Chindy Chen:
Hari Sabtu kantor pajak tutup. NPWP dibuat di kantor pajak sesuai kota domisili sesuai KTP, kecuali pendaftar NPWP melakukan pendaftaran secara online, maka daftar dimanapun ngga masalah.
Permohonan pembuatan NPWP bisa dilakukan dimanapun melalui internet.

Semoga membantu. trims

Pak, saya mau tanya jika saya sudah membuat npwp bulan januari 2013 lalu untuk keperluan kerja di perusahaan dan saya resign bulan februari 2013 dari perusahaan tersebut, yang ingin saya tanyakan:
apakah saya tetap harus melapor ke kantor pajak bahwa saya sudah tidak bekerja sampai sekarang?
Jika tidak melapor, apakah saya dikenakan denda?
Jika saya diwajibkan melapor, bisakah saya melapor bulan ini atau menunggu sampai maret 2014?
Mohon penjelasannya pak,
terimakasih.

@Anonim: kewajiban lapor pajak oleh karyawan hanya dilakukan setahun sekali, yaitu (paling lambat) setiap akhir maret.

Semoga membantu.trims....

nanya bos,kalo jenis laporan pajak untuk developer/pengembang perumahan apa saja? thanks

Pak Abu, saya ingin bertanya, 4 bulan yang lalu saya membuat perusahaan CV dan sudah mendapatkan NPWP perusahaan, tetapi sampai sekarang CV belum berjalan usahanya/tidak ada kegiatan sama sekali, apakah saya wajib melapor tiap bulannya, jika wajib apa saja yang harus saya laporkan sedangkan tidak ada pendapatan/pemasukan sama sekali. Terima kasih atas jawabannya

Malam pak Abu,

Saya baru memiliki npwp dan dikartu tertulis terdaftar 12 Mei 2013, namun sewaktu ingin melaporkan pajak BPHTB oleh kantor pajak setempat menyatakan no npwp belum terdaftar. Mohon pencerahannya..Terima kasih

Saya baru memiliki npwp dan dikartu tertulis terdaftar 12 Mei 2013, namun sewaktu ingin melaporkan pajak BPHTB bulan Oktober 2013 oleh kantor pajak setempat menyatakan no npwp belum terdaftar. Mohon pencerahannya..Terima kasih

@Anonim: kewajiban lapor perusahaan pengembang setidaknya adalah SPT PPh Pasal 21, SPT PPh Pasal 4 (2) --PPh final atas pengalihan hak atas tanah dan/atau bangunan, SPT PPN (bila sudah PKP). SPT PPh 23 dilaporkan apabila ada transaksi yg jadi obyek PPh 23.

@Anonim:CV yang sudah ber-NPWP wajib lapor SPT PPh Pasal 21 (meski tidak ada pajak yg dipotong, tetap wajib lapor). Selama belum PKP, tidak wajib lapor SPT PPN.

@Anonim: Harus dibedakan antara NPWP & NPWPDaerah. NPWP digunakan utk melapor dan membayar pajak pusat dan NPWPD untuk membayar pajak daerah.Saya menduga anda datang ke DPPKAD (Dispenda) untuk membayar BPHTB dan nyatanya anda belum memiki NPWPD tapi sudah punya NPWP.

Semoga membantu.trims

pagi pak,
saya masih belum mangerti dgn NPWP dan tata cara wajib lapor pajaknya,
saya terdafar pemegang kartu NPWP (karyawan) tertanggal 27 agustus 2013,,
yang mau saya tanyakan, saya wajib lapor tertanggal yg sama atau bagaimana ?

Mohon ijin bertanya pak, saya memiliki NPWP sejak tahun 2009 (dulu bikin agar bisa bebas bayar fiskal kalau ikut orang tua ke luar negeri). Pada saat itu status saya masih mahasiswa, nah sampai sekarang pun saya belum lulus (statusnya masih mahasiswa abadi di semester 14). Saya kuliah di Jakarta, sedangkan alamat ktp saya di Bandung. Apakah saya bisa melaporkan SPT tahunan yang batas waktunya besok (Jumat, 28 Maret 2014) di KPP Jakarta? Karena saya ada jadwal ujian sehingga sulit untuk pulang ke Bandung. Karena saya masih berstatus sebagai wajib pajak yang belum berpenghasilan, apakah saya akan tetap kena sanksi denda apabila telat lapor SPT?

Pertanyaan berikutnya : ibu saya meninggal pada bulan Juli 2013, apakah saya harus melaporkan kepada KPP apabila ibu saya sudah meninggal dunia? Atau sudah otomatis tercatat di kantor pajak dari kantor pencatatan sipil? Karena wajib pajak yang sudah meninggal dunia kan sudah tidak wajib lagi melaporkan SPT.

Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih banyak pak.

pak abu saya sudah daftar online untuk pembuatan wajib pajak. tapi pada proses akhir saya belum kirimkan permohonan wajib pajak dari situsnya. yang saya tanyakan, usaha saya kebilang masih kecil hanya dagang baju. penghasilan pun belum seberapa, tapi saya pengen punya npwp. apakah setelah punya npwp kita bayar pajak per bulan atau per tahun atau hanya sekedar lapor pendapatan usaha kita perbulan saja tanpa bayar pajak. saya masih bingung dengan bahasa "wajib pajak" wajib disini, wajib bayar per bulan atau wajib lapor hasil pendapatan usaha? kalau bisa di balas via email wildan.almalik@yahoo.co.id trims

Pak.. sya mau tanya.. dulu 2012 sya dibuatkan pajak oleh perusahaan sya scra online.. ternyata smpai skrg sya blm mndptkn krtu pajaknya. Lalu ktika sya cb tlp krin pajak.. trnyata no.npwp sya tdk trdftr.. lalu itu bagaimana yah? Scara stiap bln gaji sya sll dpotong untk byr pajak. Mohon pencerahannya.thq

pak saya punya baru npwp,sya mengurusnya untuk keperluan melamar kerja..untuk mengisi waktu sebelum ada panggilan kerja saya magang di SD tapi tidak setiap hari,gajinya juga tidak tentu tergantung ada yang dikerjakan apa tidak.gaji krg dari 300rb.di surat keterangan terdaftar saya dikenai kewajiban pph psl 25 dan 29.gajinya saja minim,,,bagaimana pak dgn kwjiban pph tsb?mohon pencerahanya...

pak saya baru punya npwp,sya mengurusnya untuk keperluan melamar kerja..untuk mengisi waktu sebelum ada panggilan kerja saya magang di SD tapi tidak setiap hari,gajinya juga tidak tentu tergantung ada yang dikerjakan apa tidak.gaji krg dari 300rb.di surat keterangan terdaftar saya dikenai kewajiban pph psl 25 dan 29.gajinya saja minim,,,bagaimana pak dgn kwjiban pph tsb?mohon pencerahanya...

Mau tanya pak,
Saya penulis, sudah membuat NPWP sejak 2011, karena profesi tersebut diminta memiliki NPWP oleh penerbit buku2 saya. Namun,
karena saya kurang tahu tentang kewajiban lapor dan merasa royalty saya sudah dipotong langsung oleh penerbit dan ada laporan tertulis secara jelas, saya tidak pernah melapor. Lalu baru minggu ini saya mendapat surat panggilan karena tidak pernah melapor, bagaimana perhitungan dendanya ya? Sejak 2011 hingga bulan ini? Apakah saya harus melapor bulanan sebagai seorang penulis?
terimakasih banyak. (Julie)

teman se madrasah ibtidaiyah sy sdh py NPWP sejak tahun 2012 beberapa hari mendapat surat yg isinya harus membayar denda 100.000. dr dinas perpajakan.apakah nantinya kami guru2 madrasah yang lain yg sudah sertifikasi jg kena denda?ato biar tidak kena denda bgmn caranya?trims...

Mohon maaf baru membalas pertanyaan rekan2....
Dari beberapa pertanyaan di atas, pada intinya menanyakan kewajiban perpajakan. Yg perlu diketahui, untuk karyawan, kewajiban pelaporan pajak hanya SATU KALI dalam setahun, yaitu lapor SPT tahunan (paling lambat dilaporkan adalah 31 Maret). Bila tidak lapor atau lapor tapi terlambat, sanksinya adalah Rp 100.000.
Bila pemilik usaha (bukan karyawan), pajak yg harus disetor per bulan adalah 1% dari omzet (penjualan kotor) per bulan.
Terima kasih.

Kalau dengan pedagang kaki lima sejatinya di harskan bayar pajak juga ya pak? Kan mereka berpenghasilan juga. Apakah ada ketentuan khusus ukuran berapa penghasilan yang harus punya npwp?

saya karyawan swasta yg memiliki NPWP pribadi sejak tahun 2014... tetapi karena awam, saya tidak melaporkan SPT tahunan sejak NPWP terbit. Jadi, saya mau menanyakan bagaimana tindakan saya selanjutnya? dan saya telah melihat Formulir 1770SS tetapi tidak mengerti bagaimana cara mengisi formulirnya.. dan syarat2 apa saja untuk melaporkan SPT tahunan tersebut? dan apa saja sanksi yang saya terima karena tidak melakukan pelaporan SPT tahun 2014 kemarin?

super sekali infonya...sangat membantu

Terima kasih infonya (walau masih blm faham betul)
Mau nanya agan.
a. Pt kami baru, sdh punya PKP, reg-efaktur dll, sama petugas juga sudah dijelasin cara2 pengisian (blm lancar juga) keluarlah nomer faktur kami dengan nominal nya, lantas kemana dan bagaimana kami membayar nilai pajak tersebut?
b. Ada pemberitahuan dari petugas kalau WP tidak melaporkan pajak perbulannya akan dikenakan denda 500.000 IDR sesuai peraturan, nah hal hal apa yang harus kami laporkan ke Dinas Pajak? langkah dan prosesnya?
c. Kalau setiap bulannya kami sudah lapor Keuangan apakah pertahunnya ada laporan juga,

Sebenarnya banyak yang dipertanyakan, seharian di Kantor pajak juga gak selesai, makanya nanya Agan.
Terima kasih sebelumnya.

Pagi pak.saya sudah memiliki NPWP sejak 2010 dan selalu lapor.kemudian 2011 saya bekerja dtempat lain sampai 2015 akhir dan perusahaan itu tidak memotong PPh,sehingga saya juga lali tidak lapor tahunan selama 3x dan otomatis NPWP saya non aktif.kemudian januari 2016 saya aktifkan kembali untuk syarat melamar kerja dan pihak KPP mengingatkan saya untuk lapor periode 2015 batas akhir maret..yg jadi pertanyaan..saya sempat diberitahukan waskon pelayanan untuk isi "NIHIL" laporan nanti..nah,untuk pengisian nama perusahaan apakah dikosongkan atau tulis nama perusahaan saya di tahun 2015?saya lupa tanyakan ke waskon pd waktu itu.terima kasih bisa balas ke email saja? Di 88nurul@gmail.com

Siang pak,

Saya mau tanya,saya pedagang eceran dalam bentuk tok dan sudah mempunyai NPWP dari tahun 2009,dari tahun 2009-saat ini saya tidak melakukan kewajiban pajak apapun,karena saya tidak begitu mengerti dan sekarang di tahun ini jika saya ingin merapikan kewajiban perpajakan saya apakah saya dikenai denda,mohon pencerahanny pak dikirim melalui email saya leni.sun02@gmail.com supaya saya tau jika telah dibalas...Trims

Malam pak saya mau nanya saya punya pt besetatus non pkp apa saja kewajiban pajak karena sebelumnya pt kami tidak jalan dan saya belum lapor pajak sama sekali, sekarang akan mendapat kan proyek dan yang akan saya tanyakan kewajiban pajak apa? Setiap bulan nya

Malam pak mohon penjelasan pajak apa saja untuk pt non pkp baik pajak bulannya maupun pajak tahunan yangbperlu di laporkan dan bagai mana cara menghitung pajak masa dan tahunan apa bila rata rata omset perusahaan 2o jt perbulan

Malam pak mohon penjelasan pajak apa saja untuk pt non pkp baik pajak bulannya maupun pajak tahunan yangbperlu di laporkan dan bagai mana cara menghitung pajak masa dan tahunan apa bila rata rata omset perusahaan 2o jt perbulan

Kewajiban bulanan untuk UMKM (omset dibawah 4,8M setahun) adalah PPh Final 1% dari omset sesuai PP 46 Tahun 2013 selain itu adalah kewajiban lapor SPT Masa PPh pasal 21 setiap bulan.

Keterangan untuk PPh Final 1% dari omset sesuai PP 46 Tahun 2013 silakan baca disini:

http://www.mas-fat.com/2016/01/pp-46-tahun-2013-membayar-pajak-hanya-1-persen.html

Untuk kewajiban Tahunan adalah pelaporan SPT Tahunan paling lambat tgl 30 April.

http://www.mas-fat.com/2016/01/kewajiban-melaporkan-spt-tahunan-bagi-karyawan-usahawan-atau-pekerjaan-bebas-dan-badan-atau-perusahaan.html

Apakah Anda berpikir untuk mendapatkan bantuan keuangan, apakah Anda serius membutuhkan pinjaman mendesak, apakah Anda berpikir untuk memulai bisnis Anda sendiri, Anda berada di utang, ini adalah kesempatan Anda untuk mencapai keinginan Anda karena kami memberikan pinjaman pribadi, pinjaman usaha, dan kredit korporasi, dan segala macam pinjaman pada tingkat bunga 2%. Hore !!! Ini hampir sampai ke akhir tahun ini dan kami berada di Lucy Badan Kredit, kami menjamin semua klien berharga kami bahwa mereka akan mendapatkan semua pinjaman individu dengan senyum di wajah mereka.
Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami sekarang melalui email: (Lucysmithloanfirm@gmail.com)

Informasi Peminjam:

Nama lengkap: _______________
Negara: __________________
Sex: ______________________
Umur: ______________________
Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: _______
Pinjaman Durasi: ____________
Pinjaman bunga: _____________
Nomor ponsel: ________

Lucysmithloanfirm
(Lucysmithloanfirm@gmail.com)

salam wong cikawung ciamis

Begini Saya pinjam uang di bank dan disuruh bikin npwp nah surat keterangan usaha di bank saya pakai toko kelontong ibu saya agar disetujui kreditnya. dan saya juga mendaftar npwp pakai keterangan toko kelontong, padahal usaha saya jualan pulsa. nah itu apa bisa diganti usahanya di npwp.
kalau bisa ubah jenis usaha pakah toko ibu saya juga akan kena pajak karena setiap ada sales datang memberikan faktur non pkp

terimaksih


Tuan Nyonya
Terutama di seluruh dunia, Anda perlu pinjaman uang antar individu untuk mengatasi kesulitan keuangan akhirnya memecahkan kebuntuan diprovokasi oleh bank, oleh penolakan file aplikasi pinjaman Anda. Kami adalah jaringan ahli keuangan swasta mampu membuat pinjaman untuk jumlah yang Anda butuhkan dan dengan kondisi yang membuat hidup Anda lebih mudah. Kami dapat membantu Anda dalam bidang berikut:
Keuangan *
* Home Loan
* Investasi Pinjaman
* Auto Pinjaman
* Konsolidasi hutang
* Line of Credit
* Kedua Mortgage
* Akuisisi kreditan
Anda terjebak, Bank dilarang dan Anda tidak mendapatkan manfaat dari bank atau Anda lebih baik memiliki sebuah proyek dan membutuhkan pembiayaan, kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, uang untuk berinvestasi pada bisnis. Sementara kami siap melayani anda untuk aplikasi pinjaman pribadi Anda dari € 500 sampai € 10 juta untuk masing-masing tertentu dapat membayar tingkat bunga 2%. Kami berada dalam posisi untuk memenuhi peminjam kami dalam waktu 2 jam sejak diterimanya permohonan mereka.
Silahkan hubungi kami untuk lebih jelasnya;
dangotegrouploandepartment@gmail.com
dangotegrouploan.wordpress.com

KABAR BAIK!!!

Nama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.

Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.

Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.

Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.

Saya Widaya Tarmuji, saya menggunakan waktu ini untuk memperingatkan semua rekan saya INDONESIANS. yang telah terjadi di sekitar mencari pinjaman, Anda hanya harus berhati-hati. satu-satunya tempat dan perusahaan yang dapat menawarkan pinjaman Anda adalah TRACY MORGAN LOAN FIRM. Saya mendapat pinjaman saya dari mereka. Mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang sah di internet. Lainnya semua pembohong, saya menghabiskan hampir 32 juta di tangan pemberi pinjaman palsu.

Tapi Tracy Morgan memberi saya mimpi saya kembali. Ini adalah alamat email yang sebenarnya mereka: tracymorganloanfirm@gmail.com. Email pribadi saya sendiri: widayatarmuji@gmail.com. Anda dapat berbicara dengan saya kapan saja Anda inginkan. Terima kasih semua untuk mendengarkan permintaan untuk saran saya. hati-hati

KABAR BAIK!!!

Nama saya Dian Pelangi dari Jakarta di Indonesia, saya adalah perancang busana dan saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu setiap orang untuk berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman di internet, begitu banyak kreditur pinjaman di sini adalah penipu dan mereka ada di sini. curang Anda dengan susah payah uang Anda, saya mengajukan pinjaman sekitar Rp900,000,000 wanita di Malaysia dan saya kehilangan sekitar 29 juta tanpa mengambil pinjaman, saya membayar hampir 29 juta masih saya tidak mendapatkan pinjaman dan bisnis saya adalah Tentang menabrak karena hutang.

Sebagai pencarian saya untuk perusahaan pinjaman pribadi yang andal, saya melihat iklan online lainnya dan nama perusahaannya adalah WORLD LOANS COMPANY. Saya kehilangan jumlah 15 juta dengan mereka dan sampai hari ini, saya tidak pernah menerima pinjaman yang saya usulkan.

Tuhan jadilah kemuliaan, teman-teman saya yang mengajukan pinjaman juga menerima pinjaman semacam itu, mengenalkan saya kepada perusahaan yang dapat dipercaya dimana Ibu Christabel bekerja sebagai manajer cabang, dan saya mengajukan pinjaman sebesar Rp900.000.000 dan mereka meminta surat kepercayaan saya, Dan setelah mereka selesai memverifikasi detail saya, pinjaman tersebut disetujui untuk saya dan saya pikir itu adalah sebuah lelucon, dan mungkin inilah salah satu tindakan curang yang membuat saya kehilangan uang, tapi saya tercengang. Ketika saya mendapat pinjaman saya dalam waktu kurang dari 6 jam dengan suku bunga rendah 2% tanpa agunan.

Saya sangat senang karena ALLAH menggunakan teman saya yang menghubungi mereka dan mengenalkan saya kepada mereka dan karena saya diselamatkan dari membuat bisnis saya melonjak ke udara dan dilikuidasi dan sekarang bisnis saya terbang tinggi dalam bahasa Indonesia dan tidak ada yang akan mengatakannya Dia tidak tahu tentang perusahaan mode saya

Jadi saya saran setiap orang yang tinggal di Indonesia dan negara lain yang membutuhkan pinjaman untuk satu tujuan atau yang lain untuk silahkan kontak
Ibu Christabel melalui email: (christabelloancompany@gmail.com)

Anda masih bisa menghubungi saya jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut melalui email: (lianmeylady@gmail.com)

Sekali lagi terima kasih untuk membaca kesaksian saya, dan semoga Tuhan terus memberkati kita dan memberi kita hidup yang panjang dan sejahtera dan semoga Tuhan melakukan pekerjaan baik yang sama dalam hidup Anda.

KABAR BAIK!!!

Nama saya Dian Pelangi dari Jakarta di Indonesia, saya adalah perancang busana dan saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu setiap orang untuk berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman di internet, begitu banyak kreditur pinjaman di sini adalah penipu dan mereka ada di sini. curang Anda dengan susah payah uang Anda, saya mengajukan pinjaman sekitar Rp900,000,000 wanita di Malaysia dan saya kehilangan sekitar 29 juta tanpa mengambil pinjaman, saya membayar hampir 29 juta masih saya tidak mendapatkan pinjaman dan bisnis saya adalah Tentang menabrak karena hutang.

Sebagai pencarian saya untuk perusahaan pinjaman pribadi yang andal, saya melihat iklan online lainnya dan nama perusahaannya adalah WORLD LOANS COMPANY. Saya kehilangan jumlah 15 juta dengan mereka dan sampai hari ini, saya tidak pernah menerima pinjaman yang saya usulkan.

Tuhan jadilah kemuliaan, teman-teman saya yang mengajukan pinjaman juga menerima pinjaman semacam itu, mengenalkan saya kepada perusahaan yang dapat dipercaya dimana Ibu Christabel bekerja sebagai manajer cabang, dan saya mengajukan pinjaman sebesar Rp900.000.000 dan mereka meminta surat kepercayaan saya, Dan setelah mereka selesai memverifikasi detail saya, pinjaman tersebut disetujui untuk saya dan saya pikir itu adalah sebuah lelucon, dan mungkin inilah salah satu tindakan curang yang membuat saya kehilangan uang, tapi saya tercengang. Ketika saya mendapat pinjaman saya dalam waktu kurang dari 6 jam dengan suku bunga rendah 2% tanpa agunan.

Saya sangat senang karena ALLAH menggunakan teman saya yang menghubungi mereka dan mengenalkan saya kepada mereka dan karena saya diselamatkan dari membuat bisnis saya melonjak ke udara dan dilikuidasi dan sekarang bisnis saya terbang tinggi dalam bahasa Indonesia dan tidak ada yang akan mengatakannya Dia tidak tahu tentang perusahaan mode saya

Jadi saya saran setiap orang yang tinggal di Indonesia dan negara lain yang membutuhkan pinjaman untuk satu tujuan atau yang lain untuk silahkan kontak
Ibu Christabel melalui email: (christabelloancompany@gmail.com)

Anda masih bisa menghubungi saya jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut melalui email: (lianmeylady@gmail.com)

Sekali lagi terima kasih untuk membaca kesaksian saya, dan semoga Tuhan terus memberkati kita dan memberi kita hidup yang panjang dan sejahtera dan semoga Tuhan melakukan pekerjaan baik yang sama dalam hidup Anda.

KABAR BAIK!!!

Nama saya Dian Pelangi dari Jakarta di Indonesia, saya adalah perancang busana dan saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu setiap orang untuk berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman di internet, begitu banyak kreditur pinjaman di sini adalah penipu dan mereka ada di sini. curang Anda dengan susah payah uang Anda, saya mengajukan pinjaman sekitar Rp900,000,000 wanita di Malaysia dan saya kehilangan sekitar 29 juta tanpa mengambil pinjaman, saya membayar hampir 29 juta masih saya tidak mendapatkan pinjaman dan bisnis saya adalah Tentang menabrak karena hutang.

Sebagai pencarian saya untuk perusahaan pinjaman pribadi yang andal, saya melihat iklan online lainnya dan nama perusahaannya adalah WORLD LOANS COMPANY. Saya kehilangan jumlah 15 juta dengan mereka dan sampai hari ini, saya tidak pernah menerima pinjaman yang saya usulkan.

Tuhan jadilah kemuliaan, teman-teman saya yang mengajukan pinjaman juga menerima pinjaman semacam itu, mengenalkan saya kepada perusahaan yang dapat dipercaya dimana Ibu Christabel bekerja sebagai manajer cabang, dan saya mengajukan pinjaman sebesar Rp900.000.000 dan mereka meminta surat kepercayaan saya, Dan setelah mereka selesai memverifikasi detail saya, pinjaman tersebut disetujui untuk saya dan saya pikir itu adalah sebuah lelucon, dan mungkin inilah salah satu tindakan curang yang membuat saya kehilangan uang, tapi saya tercengang. Ketika saya mendapat pinjaman saya dalam waktu kurang dari 6 jam dengan suku bunga rendah 2% tanpa agunan.

Saya sangat senang karena ALLAH menggunakan teman saya yang menghubungi mereka dan mengenalkan saya kepada mereka dan karena saya diselamatkan dari membuat bisnis saya melonjak ke udara dan dilikuidasi dan sekarang bisnis saya terbang tinggi dalam bahasa Indonesia dan tidak ada yang akan mengatakannya Dia tidak tahu tentang perusahaan mode saya

Jadi saya saran setiap orang yang tinggal di Indonesia dan negara lain yang membutuhkan pinjaman untuk satu tujuan atau yang lain untuk silahkan kontak
Ibu Christabel melalui email: (christabelloancompany@gmail.com)

Anda masih bisa menghubungi saya jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut melalui email: (lianmeylady@gmail.com)

Sekali lagi terima kasih untuk membaca kesaksian saya, dan semoga Tuhan terus memberkati kita dan memberi kita hidup yang panjang dan sejahtera dan semoga Tuhan melakukan pekerjaan baik yang sama dalam hidup Anda.

KABAR BAIK!!!

Nama saya Dian Pelangi dari Jakarta di Indonesia, saya adalah perancang busana dan saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu setiap orang untuk berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman di internet, begitu banyak kreditur pinjaman di sini adalah penipu dan mereka ada di sini. curang Anda dengan susah payah uang Anda, saya mengajukan pinjaman sekitar Rp900,000,000 wanita di Malaysia dan saya kehilangan sekitar 29 juta tanpa mengambil pinjaman, saya membayar hampir 29 juta masih saya tidak mendapatkan pinjaman dan bisnis saya adalah Tentang menabrak karena hutang.

Sebagai pencarian saya untuk perusahaan pinjaman pribadi yang andal, saya melihat iklan online lainnya dan nama perusahaannya adalah WORLD LOANS COMPANY. Saya kehilangan jumlah 15 juta dengan mereka dan sampai hari ini, saya tidak pernah menerima pinjaman yang saya usulkan.

Tuhan jadilah kemuliaan, teman-teman saya yang mengajukan pinjaman juga menerima pinjaman semacam itu, mengenalkan saya kepada perusahaan yang dapat dipercaya dimana Ibu Christabel bekerja sebagai manajer cabang, dan saya mengajukan pinjaman sebesar Rp900.000.000 dan mereka meminta surat kepercayaan saya, Dan setelah mereka selesai memverifikasi detail saya, pinjaman tersebut disetujui untuk saya dan saya pikir itu adalah sebuah lelucon, dan mungkin inilah salah satu tindakan curang yang membuat saya kehilangan uang, tapi saya tercengang. Ketika saya mendapat pinjaman saya dalam waktu kurang dari 6 jam dengan suku bunga rendah 2% tanpa agunan.

Saya sangat senang karena ALLAH menggunakan teman saya yang menghubungi mereka dan mengenalkan saya kepada mereka dan karena saya diselamatkan dari membuat bisnis saya melonjak ke udara dan dilikuidasi dan sekarang bisnis saya terbang tinggi dalam bahasa Indonesia dan tidak ada yang akan mengatakannya Dia tidak tahu tentang perusahaan mode saya

Jadi saya saran setiap orang yang tinggal di Indonesia dan negara lain yang membutuhkan pinjaman untuk satu tujuan atau yang lain untuk silahkan kontak
Ibu Christabel melalui email: (christabelloancompany@gmail.com)

Anda masih bisa menghubungi saya jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut melalui email: (lianmeylady@gmail.com)

Sekali lagi terima kasih untuk membaca kesaksian saya, dan semoga Tuhan terus memberkati kita dan memberi kita hidup yang panjang dan sejahtera dan semoga Tuhan melakukan pekerjaan baik yang sama dalam hidup Anda.

"Alhamdulillah"

  Saya, Okta Mira adalah blogger terkenal yang memiliki gairah untuk blogging dan juga untuk terus berinvestasi dalam bisnis online karena jumlah uang yang sangat besar yang terlibat di dalamnya pada saat saya merasa sangat nyaman dengan pendapatan konstan yang saya dapatkan setiap minggu tapi pada waktu saya mengalami kekurangan karena beberapa transaksi tertentu jadi saya merasa bangkrut sehingga saya memutuskan untuk mencari pinjaman karena saya sangat yakin bahwa seiring berjalannya waktu saya akan kembali lagi ke standar keuangan saya sebelumnya, jadi saya melewati berbagai kreditur Iklan yang saya lihat di blog saya tapi yang terlintas dalam pikiran saya adalah ISKANDAR LESTARI LOAN FIRM walaupun saya takut sebenarnya karena berita yang saya dengar dari orang-orang tentang pemberi pinjaman online tapi saya harus mengambil keputusan sendiri tanpa mendengarkan orang lain jadi saya menghubungi ibu melalui email: (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com) maka saya dibawa melalui proses yang sah dan saya harus mengumpulkan keberanian untuk menyelesaikan prosesnya dan akhirnya pencairan pinjaman saya disetujui dalam waktu kurang. Itu tiga hari kerja dan pinjaman saya dicairkan dengan sukses
  Saya tidak bisa menyembunyikan kegembiraan yang harus saya hubungi sebagian besar teman saya yang adalah debitur dan juga yang mengalami kesulitan keuangan untuk menjadi ibu yang kontroversial dan semua mereka lakukan sekarang, saya senang memberi tahu Anda semua bahwa mereka semua merayakan seperti saya jadi jika Anda Mau kontak langsung dengan Ibu Iskandar silahkan hubungi dia melalui alamat lengkap di bawah ini
Email:(iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com)
Website:(iskandarlestari.wordpress.com)
Whatsapp:{+33753893351}
Facebook::(www.facebook.com/iskandar.lesteri.7)
BBM INVITES:{D8980E0B}{4424A)
    Ibu Iskandar selalu online 24 jam sehari dan tentu saja 7 hari seminggu jadi tolong jangan takut dia dan anggota staf sangat ramah, jujur, jujur ​​dan berkomitmen untuk mengurangi layanan mereka kepada pelanggan mereka jika Anda ingin menghubungi saya untuk pertanyaan apapun mengenai pinjaman silahkan hubungi saya melalui email: (oktamira2030@gmail.com)

Saya ingin memberikan semua kemuliaan kepada Allah SWT untuk apa yang Dia gunakan untuk dilakukan Ibu Rossa dalam hidup saya, nama saya Mira Binti Muhammad dari kota bandung di indonesia, saya seorang janda dengan 2 anak, suami saya meninggal dalam kecelakaan mobil dan sejak saat itu hidup menjadi sangat kejam bagi saya dan keluarga saya dan saya telah mencoba beberapa kali untuk mendapatkan pinjaman dari bank-bank di Indonesia dan saya ditolak dan ditolak karena saya tidak memiliki agunan dan tidak dapat memperoleh pinjaman dari bank dan saya sangat sedih
Pada hari yang penuh pengabdian ini saat saya menjelajahi internet, saya melihat kesaksian Nyonya Annisa tentang bagaimana dia mendapat pinjaman dari Ibu Rossa dan saya menghubungi dia untuk bertanya tentang perusahaan pinjaman ibu Rossa dan bagaimana benar pinjaman dari ibu Rossa dan dia memberi tahu saya itu benar dan saya menghubungi Ibu Rossa dan setelah mengajukan permohonan pinjaman saya dan pinjaman saya diproses dan disetujui dan dalam 24 jam saya mendapatkan uang pinjaman saya di rekening bank saya dan ketika saya memeriksa akun saya, uang pinjaman saya masih utuh dan saya sangat senang dan saya telah berjanji bahwa saya akan membantu untuk memberi kesaksian kepada orang lain tentang perusahaan pinjaman ibu rossa, jadi saya ingin menggunakan media ini untuk memberi saran kepada siapa saja yang membutuhkan pinjaman untuk menghubungi Ibu Rossa melalui email: rossastanleyloancompany@gmail.com dan Anda dapat juga hubungi saya melalui email saya: mirabintimuhammed@gmail.com untuk informasi dan juga teman-teman saya Annisa Barkarya melalui email: annisaberkarya@gmail.com

KABAR BAIK!!!

Nama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.

Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.

Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.

Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.

Halo teman, nama saya adalah Ferdy Candra, saya ingin merekomendasikan sebuah organisasi pinjaman islam saya menemukan online untuk semua saudara muslim dan saudari yang sedang mencari pinjaman cepat untuk cepat menyelesaikan masalah yang mendesak. Aku mendapat pinjaman Rp.950.000.000.00 dari mereka beberapa bulan yang lalu. Saya merekomendasikan mereka untuk setiap orang dari anda karena saya benar-benar mempercayai mereka, itulah sebabnya saya mengarahkan anda kepada mereka. Saya juga akan menyarankan anda untuk berhati-hati online karena ada begitu banyak palsu pinjaman perusahaan secara online, yang berpura-pura menjadi pemberi pinjaman pinjaman. Saya diarahkan kepada mereka oleh kakak saya yang juga menerima pinjaman sebesar Rp500.000.000 dari mereka. Sebelum saya menghubungi mereka untuk pinjaman, saya juga melakukan banyak penelitian tentang mereka dan menemukan bahwa mereka benar-benar asli dan mereka tidak suka pemberi pinjaman lain yang palsu yang berpura-pura menjadi pemberi pinjaman pinjaman. Islam Pinjaman Mendesak mereka yang benar-benar asli dan sah dan mereka juga diakui di seluruh dunia. Mereka memberikan pinjaman sesuai dengan hukum Islam dan peraturan yang berlaku. Tidak ada jaminan yang dibutuhkan. Tidak ada biaya tersembunyi. Mereka pinjaman proses cepat dan sederhana. Tapi Anda harus bisa meyakinkan mereka bahwa anda akan membayar kembali pinjaman. Anda dapat menghubungi Email mereka: (islamicloanurgently@gmail.com)

Wassalamu alaikum wr wb

kesaksian nyata dan kabar baik !!!

Nama saya mohammad, saya baru saja menerima pinjaman saya dan telah dipindahkan ke rekening bank saya, beberapa hari yang lalu saya melamar ke Perusahaan Pinjaman Dangote melalui Lady Jane (Ladyjanealice@gmail.com), saya bertanya kepada Lady jane tentang persyaratan Dangote Loan Perusahaan dan wanita jane mengatakan kepada saya bahwa jika saya memiliki semua persyarataan bahwa pinjaman saya akan ditransfer kepada saya tanpa penundaan

Dan percayalah sekarang karena pinjaman rp11milyar saya dengan tingkat bunga 2% untuk bisnis Tambang Batubara saya baru saja disetujui dan dipindahkan ke akun saya, ini adalah mimpi yang akan datang, saya berjanji kepada Lady jane bahwa saya akan mengatakan kepada dunia apakah ini benar? dan saya akan memberitahu dunia sekarang karena ini benar

Anda tidak perlu membayar biayaa pendaftaran, biaya lisensi, mematuhi Perusahaan Pinjaman Dangote dan Anda akan mendapatkan pinjaman Anda

untuk lebih jelasnya hubungi saya via email: mahammadismali234@gmail.com
dan hubungi Dangote Loan Company untuk pinjaman Anda sekarang melalui email Dangotegrouploandepartment@gmail.com

Ini luar biasa saat saya mengira semua telah selesai dengan saya Ibu Iskandar datang untuk menyelamatkan saya. Saya sangat berhutang sejauh orang-orang yang saya pinjam uang dari geng melawan saya dan kemudian membuat saya ditangkap sebagai akibat dari hutang saya. ditahan selama berbulan-bulan maka masa rahmat diberikan kepada saya saat saya dipulangkan dan dibebaskan untuk pergi dan mencari uang untuk membayar semua hutang yang saya terima sehingga saya diberitahu bahwa ada beberapa kreditur sah online sehingga saya harus mencari Karena melalui blog saya berualang kali tertipu tapi ketika saya menemukan Ibu Iskandar CEO ISKANDAR LESTARI LOAN FIRM, Tuhan mengarahkAan saya ke iklannya melalui blog karena daya tarik saya terhadapnya adalah benar-benar mukjizat mungkin karena Tuhan telah melihat bahwa saya memiliki banyak menderita karena itulah dia mengarahkan saya kepadanya. Jadi saya menerapkannya dengan antusias setelah beberapa jam pinjaman saya disetujui oleh Dewan dan dalam dua hari saya dikreditkan dengana jumlah pasti yang saya berikaan untuk semua ini tanpa jaminan tambahan Kredit Tanpa Agunan (KTA) sama seperti saya berbicara dengan Anda sekarang saya telah dapat menghapus semua hutang saya dan sekarang saya memiliki supermarket sendiri, saya tidak memerlukan bantuan orang lain sebelum saya memberi makan atau mengambil keuangan apa pun keputusan saya tidak punya urusan dengan Polisi lagi saya sekarang adalah wanita merdeka. Anda ingin mengalami kemandirian finansial seperti saya silahkan hubungi Ibu melalui BBM-nya: {D8980E0B} atau melalui email perusahaan: (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com) Anda tidak dapat memperdebatkan fakta bahwa di dunia kesulitan ini Anda memerlukan seseorang untuk membantu Anda mengatasi gejolak keuangan dalam hidup Anda dengan satu atau lain cara, jadi saya memberi Anda mandat untuk mencoba dan menghubungi Ibu Iskandar di alamat di atas sehingga bisa mengatasi kemerosotan keuangan dalam hidup Anda. Anda bisa menghubungi saya melalui email berikut: (anggaannisa1979@gmail.com)) selalu bersikap positif dengan Ibu Iskandar dia akan melihat Anda melalui semua tantangan finansial Anda dan kemudian memberi Anda sebuah tampilan baru finansial.

Detail Kontak Penuh:

Perusahaan: ISKANDAR LESTARI LOAN FIRM (ISKANDAR LENDERS)
Email: {iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}
BBM INVITES: {D8980E0B}
: {4424AA}
Alamat Facebook: {www.facebook.com/iskandar.lesteri.7}
Website: {iskandarlestari.wordpress.com}

TESTIMONI OLEH
Penerima Manfaat: Angga Annisa
Email: {anggaannisa1979@gmail.com}

KABAR BAIK!!!

Nama saya Budiwati Permata, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan menjanjikan ini dan itu, orang-orang yang menganggur, saya sarankan Anda semua harus berhati-hatilah

beberapa bulan yang lalu, saya tegang secara finansial dan sangat membutuhkan pinjaman untuk mendapatkan bisnis saya kembali, saya tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya Dian Pelangi yang merujuk saya kepada pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Christabel's Missan, seorang ibu yang baik, yang meminjamkan saya pinjaman 800 juta tanpa jaminan dalam waktu kurang dari 20 jam tanpa tekanan atau tekanan dan hanya 2% bunga

Saya terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya gunakan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

Karena saya berjanji untuk membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi ibu yang baik melalui email: christabelloancompany@gmail.com

dan dengan rahmat Tuhan dia tidak akan membiarkan Anda mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: permatabudiwati@gmail.com
dan teman saya Dian Pelangi yang memperkenalkan saya dan memberi tahu saya tentang Ms. Christabel, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ms. Christabel, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email: (lianmeylady@gmail.com) sekarang,

Apa yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman bulanan saya yang saya kirim langsung ke akun ibu Christabel. Anda masih bisa menghubungi yang baik
mohon bijaksana dan semoga Allah membimbing kita semua
ibu, What'sApp Number +15614916019
Facebook christabelmissancompany@gmail.com

ANNIKA AMAHLE
Semua terima kasih kepada Ny. KARINA ROLAND untuk membantu saya dengan pinjaman saya setelah ditipu oleh orang-orang palsu yang telah menjadi peminjam pinjaman.
Nama saya Annika amahle mokoena, saya dari Afrika Selatan dan saya tinggal di kota Johannesburg. Sebulan yang lalu saya sedang mencari pinjaman online dan saya melihat pemberi pinjaman pinjaman yang berbeda di internet dan saya melamar dari mereka dan semua yang saya dapatkan adalah scammers, saya melamar lebih dari 2 perusahaan dan saya ditipu sepanjang waktu. Jadi saya menyerah harapan sampai saya memutuskan untuk memeriksa lagi apakah saya akan menemukan bantuan ketika saya mencari dan saya memutuskan untuk mencari perusahaan pinjaman yang sah. Saya menemukan perusahaan ini bernama KARINA ROLAND LOAN COMPANY. Saya melihat banyak kesaksian yang dikomentari orang tentang dia tetapi karena saya ditipu beberapa kali saya pikir itu scam tapi saya melakukan apa yang saya diminta untuk lakukan dan saya menunggu pinjaman saya dan Nyonya KARINA ROLAND mengatakan kepada saya dalam waktu kurang dari 24 jam waktu Anda dengan pinjaman saya dengan aman saya tidak percaya Karena saya pikir itu juga scam sehingga hari itu malam hari di Afrika Selatan dan saya tidur di pagi hari berikutnya ketika saya bangun saya menerima peringatan dari rekening bank saya dan segera saya menelepon manajer bank saya untuk konfirmasi dan manajer bank mengatakan kepada saya untuk segera datang ke bank dan saya segera pergi begitu saya tiba di sana manajer bank memeriksa akun saya dan melihat sejumlah $ 127,000.00 USD yang merupakan Dolar Amerika Serikat dan saya menjelaskan kepada manajer saya bahwa saya mengajukan pinjaman online dan bank saya Manajer terkejut jika ada masih perusahaan pinjaman nyata dan sah secara online saya sangat senang semua berkat MRS KARINA ROLAND saya memutuskan untuk menulis di internet karena saya melihat orang lain melakukannya dan bersaksi tentang perusahaan ini itu sebabnya saya memposting pesan ini secara online kepada siapa pun yang membutuhkan pinjaman bahkan jika Anda telah ditipu sebelum mengajukan permohonan dari perusahaan ini dan yakinlah bahwa perusahaan ini tidak akan mengecewakan Anda. Salam kepada siapa pun yang membaca pesan saya dan Anda dapat menghubungi perusahaan ini melalui surat (karinarolandloancompany@gmail.com) atau whatsapp hanya +1 (585) 708-3478, Sekali lagi saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua orang yang membaca kesaksian ini, Anda dapat menghubungi saya juga untuk informasi lebih lanjut ..... annikaamahlemokoena@gmail.com

Apakah Anda berpikir untuk mendapatkan bantuan keuangan, apakah Anda sangat membutuhkan pinjaman mendesak, apakah Anda berpikir untuk memulai bisnis Anda sendiri, Anda berhutang, ini adalah kesempatan Anda untuk mencapai keinginan hati Anda karena kami memberikan pinjaman pribadi, pinjaman bisnis , pinjaman perusahaan, dan semua jenis pinjaman dengan tingkat bunga 2%. HURRAY !!! Ini hampir mencapai akhir tahun ini dan kami berada di DONNAHALL FUNDING LLC, kami menjamin semua klien kami yang berharga bahwa mereka akan mendapatkan semua pinjaman individu dengan senyum di wajah mereka.
Untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi kami sekarang melalui email: (Donnahallfundingllc@gmail.com)

Informasi Peminjam:

Nama lengkap:
Negara:
Seks:
Usia:
Jumlah Pinjaman yang Dibutuhkan:
Durasi Pinjaman:
Penghasilan Bulanan / Tahunan:
Tujuan Pinjaman:
Nomor ponsel:
Agama:
Apakah kamu berbicara bahasa Inggris:

Donnahall Funding LLC
(Donnahallfundingllc@gmail.com)

HALO
Saya ADAWIYAH YAHYA dari malaysia saya tinggal di kota temerloh pahang. Saya tidak pernah tahu itu benar-benar mungkin untuk mendapatkan pinjaman dari pinjaman online atau pemberi pinjaman. Saya sekarat dalam hutang dengan banyak tagihan untuk membayar ketiga anak saya dan skor kredit saya juga sangat rendah. Jadi, saya baru saja online untuk mengetahui lebih banyak tentang cara mendekati bank atau mengambil pinjaman hari bayaran dengan nilai kredit rendah. Kemudian saya menemukan banyak artikel dan artikel di berbagai situs tentang bagaimana KARINA ELENA ROLAND LOAN COMPANY membantu orang, perusahaan dan organisasi dengan suku bunga pinjaman @ 2%. Dengan pengetahuan yang saya dapat secara online, saya menghubungi PERUSAHAAN PINJAMAN KARINA ELENA ROLAND melalui email: (karinarolandloancompany@gmail.com), saya menjelaskan diri saya. Saya mengajukan pinjaman $ 60.000 tetapi dia menyetujui $ 50.000 dan itu adalah $ 50.000 yang saya terima di rekening bank saya. Proses transaksi sangat mudah dan cepat. dan juga mengkonfirmasi Identitas saya dan untuk memastikan keamanan dana. Saya merekomendasikan perusahaan ini kepada semua orang. Jangan mati dalam utang sebelum Anda mencari bantuan. Tulis surat ke PERUSAHAAN LOAN KARINA ELENA ROLAND sekarang Email (karinarolandloancompany@gmail.com atau whatsapp +1 (585) 708-3478, untuk informasi lebih lanjut Anda juga dapat menghubungi saya melalui email adawiyahyahya63@gmail.com

Saya menandai webster dengan nama saya seorang petugas polisi dan saya tinggal di tenggara kentucky di A.S., Beberapa hari yang lalu saya sedang mencari pinjaman online dan saya hanya menemukan orang-orang menipu saya dengan uang saya. Saya benar-benar membutuhkan pinjaman ini untuk sebuah proyek di Kolombia dan saya telah ditipu beberapa kali suatu hari ketika saya tidak bertugas, saya memutuskan untuk melihat lagi kali ini untuk perusahaan sejati yang memberikan pinjaman. Saya menemukan perusahaan ini bernama KARINA ROLAND LOAN COMPANY dan banyak lagi orang-orang telah bersaksi tentang perusahaan ini pada awalnya saya tidak percaya tetapi saya memutuskan untuk mengajukan pinjaman yang saya cari adalah sejumlah $ 6.000.000,00 yang saya ajukan dari perusahaan ini dan mereka memberi tahu saya semua yang perlu dilakukan saya mempercayai mereka dan saya melakukan apa mereka menyuruh saya melakukannya dan mereka meyakinkan saya bahwa dalam waktu 7 jam saya akan mendapatkan pinjaman saya dengan aman, saya tidak pernah mempercayai mereka tetapi saya menunggu pinjaman saya tepat waktu 7 jam saya mendapat telepon dari perusahaan bahwa jika saya telah menerimanya pinjaman saya belum dan saya berkata Tidak. Mereka mengatakan kepada saya untuk pergi ke bank saya dan memeriksa rekening saya bahwa bank saya mungkin tidak mengirimi saya peringatan, saya patuhi dan saya pergi ke bank saya dan memeriksa rekening saya dengan terkejut ketika sampai di sana saya melihat pinjaman $ 6,000,000.00 di akun saya uang yang saya miliki di akun saya sebelumnya ore adalah $ 1,000,000.00 dan sekarang saya menemukan $ 7,000,000.00 dari uang saya dan pinjaman saya adalah $ 7,000,000.00 saya sangat senang dan saya berterima kasih kepada perusahaan ini karena mereka hebat. Saya ingin menggunakan sedikit waktu saya untuk menulis kepada orang-orang di Amerika Serikat dan orang-orang di seluruh dunia bahwa jika Anda membutuhkan pinjaman nyata, karina roland adalah perusahaan yang tepat untuk melamar dari perusahaan ini tidak tahu saya melakukan ini jadi jika ada yang membutuhkan pinjaman Anda dapat menghubungi saya melalui mail markwebster023@gmail.com atau menghubungi perusahaan melalui alamat surat karinarolandloancompany@gmail.com, salam +1585 708-3478 salam.

CUKUP CUKUP UNTUK KEBIJAKSANAAN.
PERUSAHAAN PINJAMAN ROLAND KARINA ELENA ADALAH SATU-SATUNYA JALAN KELUAR DARI KESULITAN KEUANGAN (karinarolandloancompany@gmail.com)
whatsapp .... + 1585 708-3478
facebook ..... elena karina roland
instagram ..... karina roland

Salam, pikiran yang hebat, Ini akan menjadi kesenangan terbesar saya menyelamatkan Individu dan perusahaan dari pemerasan, saya tahu tidak semua orang akan mau mengungkapkan kebenaran pahit tentang Pinjaman online karena ketidakamanan, Waktu melakukannya dan sebagainya. i ”m AFIZAH NAZERI, seorang pebisnis wanita terkemuka yang tinggal di TERENGGANU CITY OF MALAYSIA telah memutuskan untuk membagikan artikel ini kepada siapa saja yang berkepentingan sehingga mereka dapat belajar dan mendidik diri sendiri darinya. Ini buruk sampai Anda melihat kesaksian online tentang mendapatkan pinjaman dan ternyata itu palsu. Sungguh saya telah jatuh untuk trik itu berkali-kali sampai memperpanjang saya kehilangan hampir Rm14.000 total semua atas nama mendapatkan pinjaman untuk diinvestasikan dalam bisnis yang sangat menguntungkan. Setelah begitu banyak upaya yang gagal untuk mendapatkan pinjaman, saya dan Manajer saya online untuk melakukan pencarian menyeluruh dan menemukan perusahaan ini KARINA ELENA ROLAND LOAN COMPANY tetapi sebelum mencobanya, kami juga memastikan bahwa semuanya asli, periksa ulasan mereka dan juga pergi ke keberadaan dan kemampuan mereka. Kami sangat berhati-hati karena kami tidak ingin kehilangan sepeser pun lagi dan harapan terbesar kami, mereka memberikan sesuai dengan ulasan mereka dan memberi kami jumlah pinjaman yang diinginkan sebesar Rm80.000. Sebuah kata untuk semua orang di luar sana ketika datang ke Pemberi Pinjaman Online hanya hubungi KARINA ELENA ROLAND LOAN COMPANY melalui email: {karinarolandloancompany@gmail.com} atau whatsapp +1585 708-3478, dan pertimbangkan semua masalah keuangan Anda ditangani dan diselesaikan. # SHARE, Anda dapat menyelamatkan seseorang dari korban hari ini, Terima kasih.
negara ...... Malaysia
nama ......... Afizah Nazeri
Jumlah yang disetujui ..... Rm80.000
bank ....... BSN (Malaysia)
email ....... afizahnazeri@gmail.com

Sulit dipercaya bagaimana saya mendapat pinjaman Rp150.000.000. Nama saya Nyonya Mainunah Elsa Saya warga negara Indonesia. Saya senang saya mendapat pinjaman dari pemberi pinjaman yang membantu saya dengan pinjaman saya. Saya telah mencoba layanan yang berbeda tetapi saya tidak pernah bisa mendapatkan pinjaman dari layanan tersebut. beberapa dari mereka akan meminta saya untuk mengisi banyak dokumen dan pada akhirnya tidak akan berakhir dengan baik. tapi saya senang setelah bertemu dengan MOTHER KARINA, saya bisa mendapatkan pinjaman Rp150.000.000 sekarang bisnis saya berjalan dengan baik dan saya ingin kalian semua tahu ini hari ini karena mereka cepat dan 100% dapat diandalkan. sekarang saya membayar kembali pinjaman yang saya dapatkan dari Perusahaan (KARINA ELENA ROLAND LOAN COMPANY). hubungi mereka dan jangan buang waktu Anda dengan pemberi pinjaman palsu itu: Email: (karinarolandloancompany @ gmail. com)
NAMA PERUSAHAAN = PERUSAHAAN PINJAMAN KARINA ELENA ROLAND
WHATSAP = +15857083478
EMAIL PERUSAHAAN = KARINAROLANDLOANCOMPANY@GMAIL.COM

EMAIL SAYA = MAIMUNAHELSAELSA@GNAIL.COM
NAMA AKUN =, MAINUNAH ELSA
BANK = BANK NEGARA INDONESIA
PINJAMAN YANG DISETUJUI = Rp150.000.000

Hai semuanya, Nama saya Angga Annisa dan saya berbicara sebagai orang yang paling bahagia di seluruh dunia hari ini sebelum sekarang saya secara finansial dipukul tanpa harapan akan bantuan apa pun, tetapi ceritanya akan segera berubah ketika saya bertemu dengan Ibu. Saya sangat senang untuk mengatakan keluarga saya kembali untuk selamanya karena saya membutuhkan pinjaman sebesar Rp.700juta untuk memulai hidup saya di sekitar karena profesi saya karena saya seorang ibu tunggal dengan 3 anak dan seluruh dunia tampak seperti itu tergantung pada saya sampai Tuhan mengirim saya kepada sebuah perusahaan yang mengubah hidup saya dan keluarga saya, perusahaan yang takut akan Tuhan, ISKANDAR LENDERS, mereka adalah Juruselamat Tuhan yang dikirim untuk menyelamatkan keluarga saya dan pada awalnya saya pikir itu tidak akan mungkin sampai saya mendapat pinjaman sebesar Rp.700 juta dan saya akan menyarankan siapa pun yang benar-benar membutuhkan pinjaman untuk menghubungi Bunda Iskandar melalui email. [iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com] karena ini adalah pemberi pinjaman yang paling memahami dan baik

Contact Details:

e_mail Address:iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com>>>>
WhatsApp:::+6282274045059
Company::Iskandar Lenders"""""
Loan Amount:::Rp.700juta
Name:::::Angga Annisa
Country::::Indonesia
Occupation:Trader
Year:April,2020

Jumlah minimum>>>>>>Rp.100 juta
Jumlah maksimum>>>>>Rp.100 miliar

HARI YANG BAIK UNTUK ANDA SEMUA
Apakah Anda membutuhkan pinjaman mendesak untuk memenuhi kebutuhan finansial Anda, kami menyediakan semua jenis pinjaman, kami dapat diandalkan, efisien, cepat dan dinamis, dengan pinjaman terjamin 100% juga diberikan (euro, pound, dolar, peso dan Rp.) Dan juga berikan pinjaman dalam semua jenis mata uang suku bunga kami yang berlaku untuk semua pinjaman adalah (2%) jika Anda tertarik kembali kepada kami. melalui (belindachristopherloancompany@gmail.com) untuk Layanan yang disediakan meliputi:
Perbaikan rumah
Penemu Pinjaman
Pinjaman Konsolidasi Utang
Pinjaman Bisnis
Pinjaman pribadi.
pinjaman gaji
pinjaman medis liburan pinjaman pinjaman properti
yang tertarik harus menghubungi melalui belindachristopherloancompany@gmail.com atau Whats-app +1 (347) 797-0786 untuk kebebasan finansial Anda.

Jika bank Anda mengatakan tidak kepada Anda untuk pinjaman, ada tempat otentik di mana Anda bisa mendapatkan pinjaman asli. Saya ingin mendapatkan pinjaman institusi yang saya temukan online untuk semua saudara dan saudari Muslim yang mencari pinjaman cepat untuk menyelesaikan masalah yang diinginkan dengan cepat. Saya mendapat pinjaman Rp.700.000.000. dari ibu KARINA ROLAND LOAN COMPANY yang saya gunakan untuk merenovasi rumah sakit saya dan untuk melengkapi bisnis saya. Saya mendapat pinjaman dari mereka beberapa bulan lalu. Saya meminjam dari mereka karena ada banyak perusahaan pinjaman palsu online. Saya juga memperkenalkan adik saya yang juga mendapat pinjaman Rp. 500.000.000 PERUSAHAAN PINJAMAN ROLAND KARINA. Sebelum saya menghubungi mereka untuk mendapatkan pinjaman, saya juga melakukan banyak penelitian tentang mereka dan menemukan mereka benar-benar otentik. Mereka tidak seperti perusahaan pinjaman barat yang palsu. Jadi saya meminta pinjaman tanpa jaminan dengan mereka. Mereka memberikan pinjaman sesuai dengan hukum dan peraturan Islam. Tidak Ada Jaminan. Tidak ada biaya tersembunyi. Mereka memberikan proses yang cepat dan sederhana. Tapi Anda harus bisa menyetujuinya. dan Anda juga harus membayar kembali pinjaman mereka pada waktunya. Saya ingin meminta semua Muslim sejati dan bukan muslim untuk menghubungi ibu karina yang baik di email atau whatsapp: +15857083478 (karinarolandloancompany@gmail.com) Anda dapat menghubungi saya untuk nasihat juga melalui email (nurraysadiena@gmail.com)

Halo semuanya, Nama saya Siska wibowo saya tinggal di Surabaya di Indonesia, saya seorang mahasiswa, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena ada banyak perusahaan pinjaman penipuan dan kejahatan di sini di internet , Sampai saya melihat posting Bapak Suryanto tentang Nyonya Esther Patrick dan saya menghubunginya melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

Beberapa bulan yang lalu, saya putus asa untuk membantu biaya sekolah dan proyek saya tetapi tidak ada yang membantu dan ayah saya hanya dapat memperbaiki beberapa hal yang bahkan tidak cukup, jadi saya mencari pinjaman online tetapi scammed.

Saya hampir tidak menyerah sampai saya mencari saran dari teman saya Pak Suryanto memanggil saya pemberi pinjaman yang sangat andal yang meminjamkan dengan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp200.000.000 dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan dengan tingkat bunga rendah 2 %. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa nomor saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, segera saya menghubungi ibu melalui (estherpatrick83@gmail.com)

Dan juga saya diberi pilihan apakah saya ingin cek kertas dikirim kepada saya melalui jasa kurir, tetapi saya mengatakan kepada mereka untuk mentransfer uang ke rekening bank saya, karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres atau penundaan.

Yakin dan yakin bahwa ini asli karena saya memiliki semua bukti pemrosesan pinjaman ini termasuk kartu ID, dokumen perjanjian pinjaman, dan semua dokumen. Saya sangat mempercayai Madam ESTHER PATRICK dengan penghargaan dan kepercayaan perusahaan yang sepenuh hati karena dia benar-benar telah membantu hidup saya membayar proyek saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi Madam melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (siskawibowo71@gmail.com) jika Anda merasa kesulitan atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman

Sekarang, yang saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman bulanan yang saya kirim langsung ke rekening bulanan Nyonya seperti yang diarahkan. Tuhan akan memberkati Nyonya ESTHER PATRICK untuk Segalanya. Saya bersyukur

HALO
Saya ADAWIYAH YAHYA dari malaysia saya tinggal di kota temerloh pahang. Saya tidak pernah tahu sangat mungkin mendapatkan pinjaman dari pinjaman online atau pemberi pinjaman. Saya sekarat dalam hutang dengan banyak tagihan yang harus dibayar untuk ketiga anak saya dan nilai kredit saya juga sangat rendah. Jadi, saya baru saja online untuk mengetahui lebih banyak tentang cara mendekati bank atau mengambil pinjaman hari pembayaran dengan skor kredit rendah. Kemudian saya menemukan banyak tulisan dan artikel di berbagai situs tentang bagaimana KARINA ELENA ROLAND LOAN COMPANY membantu orang, perusahaan dan organisasi dengan suku bunga pinjaman @ 2%. Dengan ilmu yang saya dapatkan secara online, saya menghubungi PERUSAHAAN PINJAMAN KARINA ELENA ROLAND melalui email: (karinarolandloancompany@gmail.com), saya jelaskan sendiri. Saya mengajukan pinjaman sebesar $ 60.000 tetapi dia menyetujui $ 50.000 dan itu adalah $ 50.000 yang saya terima di rekening bank saya. Proses transaksinya sangat mudah dan cepat. dan juga mengkonfirmasi Identitas saya dan untuk memastikan keamanan dana. Saya merekomendasikan perusahaan ini kepada semua orang. Jangan mati dalam hutang sebelum Anda mencari bantuan. Tulis surat ke KARINA ELENA ROLAND LOAN COMPANY sekarang Email (karinarolandloancompany@gmail.com atau whatsapp +1 (585) 708-3478, untuk informasi lebih lanjut Anda juga dapat menghubungi saya melalui email adawiyahyahya63@gmail.com

Jika bank Anda mengatakan tidak kepada Anda untuk pinjaman, ada tempat otentik di mana Anda bisa mendapatkan pinjaman asli. Saya ingin mendapatkan pinjaman institusi yang saya temukan online untuk semua saudara dan saudari Muslim yang mencari pinjaman cepat untuk menyelesaikan masalah yang diinginkan dengan cepat. Saya mendapat pinjaman Rp.700.000.000. dari ibu KARINA ROLAND LOAN COMPANY yang saya gunakan untuk merenovasi rumah sakit saya dan untuk melengkapi bisnis saya. Saya mendapat pinjaman dari mereka beberapa bulan lalu. Saya meminjam dari mereka karena ada banyak perusahaan pinjaman palsu online. Saya juga memperkenalkan adik saya yang juga mendapat pinjaman Rp. 500.000.000 PERUSAHAAN PINJAMAN ROLAND KARINA. Sebelum saya menghubungi mereka untuk mendapatkan pinjaman, saya juga melakukan banyak penelitian tentang mereka dan menemukan mereka benar-benar otentik. Mereka tidak seperti perusahaan pinjaman barat yang palsu. Jadi saya meminta pinjaman tanpa jaminan dengan mereka. Mereka memberikan pinjaman sesuai dengan hukum dan peraturan Islam. Tidak Ada Jaminan. Tidak ada biaya tersembunyi. Mereka memberikan proses yang cepat dan sederhana. Tapi Anda harus bisa menyetujuinya. dan Anda juga harus membayar kembali pinjaman mereka pada waktunya. Saya ingin meminta semua Muslim sejati dan bukan muslim untuk menghubungi ibu karina yang baik di email atau whatsapp: +15857083478 (karinarolandloancompany@gmail.com) Anda dapat menghubungi saya untuk nasihat juga melalui email (nurraysadiena@gmail.com)

HALO
Saya ADAWIYAH YAHYA dari malaysia saya tinggal di kota temerloh pahang. Saya tidak pernah tahu sangat mungkin mendapatkan pinjaman dari pinjaman online atau pemberi pinjaman. Saya sekarat dalam hutang dengan banyak tagihan yang harus dibayar untuk ketiga anak saya dan nilai kredit saya juga sangat rendah. Jadi, saya baru saja online untuk mengetahui lebih banyak tentang cara mendekati bank atau mengambil pinjaman hari pembayaran dengan skor kredit rendah. Kemudian saya menemukan banyak tulisan dan artikel di berbagai situs tentang bagaimana KARINA ELENA ROLAND LOAN COMPANY membantu orang, perusahaan dan organisasi dengan suku bunga pinjaman @ 2%. Dengan ilmu yang saya dapatkan secara online, saya menghubungi PERUSAHAAN PINJAMAN KARINA ELENA ROLAND melalui email: (karinarolandloancompany@gmail.com), saya jelaskan sendiri. Saya mengajukan pinjaman sebesar $ 60.000 tetapi dia menyetujui $ 50.000 dan itu adalah $ 50.000 yang saya terima di rekening bank saya. Proses transaksinya sangat mudah dan cepat. dan juga mengkonfirmasi Identitas saya dan untuk memastikan keamanan dana. Saya merekomendasikan perusahaan ini kepada semua orang. Jangan mati dalam hutang sebelum Anda mencari bantuan. Tulis surat ke KARINA ELENA ROLAND LOAN COMPANY sekarang Email (karinarolandloancompany@gmail.com atau whatsapp +1 (585) 708-3478, untuk informasi lebih lanjut Anda juga dapat menghubungi saya melalui email adawiyahyahya63@gmail.com

Halo semuanya, Nama saya Siska wibowo saya tinggal di Surabaya di Indonesia, saya seorang mahasiswa, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena ada banyak perusahaan pinjaman penipuan dan kejahatan di sini di internet , Sampai saya melihat posting Bapak Suryanto tentang Nyonya Esther Patrick dan saya menghubunginya melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

Beberapa bulan yang lalu, saya putus asa untuk membantu biaya sekolah dan proyek saya tetapi tidak ada yang membantu dan ayah saya hanya dapat memperbaiki beberapa hal yang bahkan tidak cukup, jadi saya mencari pinjaman online tetapi scammed.

Saya hampir tidak menyerah sampai saya mencari saran dari teman saya Pak Suryanto memanggil saya pemberi pinjaman yang sangat andal yang meminjamkan dengan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp200.000.000 dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan dengan tingkat bunga rendah 2 %. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa nomor saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, segera saya menghubungi ibu melalui (estherpatrick83@gmail.com)

Dan juga saya diberi pilihan apakah saya ingin cek kertas dikirim kepada saya melalui jasa kurir, tetapi saya mengatakan kepada mereka untuk mentransfer uang ke rekening bank saya, karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres atau penundaan.

Yakin dan yakin bahwa ini asli karena saya memiliki semua bukti pemrosesan pinjaman ini termasuk kartu ID, dokumen perjanjian pinjaman, dan semua dokumen. Saya sangat mempercayai Madam ESTHER PATRICK dengan penghargaan dan kepercayaan perusahaan yang sepenuh hati karena dia benar-benar telah membantu hidup saya membayar proyek saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi Madam melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (siskawibowo71@gmail.com) jika Anda merasa kesulitan atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman

Sekarang, yang saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman bulanan yang saya kirim langsung ke rekening bulanan Nyonya seperti yang diarahkan. Tuhan akan memberkati Nyonya ESTHER PATRICK untuk Segalanya. Saya bersyukur

Hari yang baik untuk semua warga negara Indonesia, nama saya Nurul Yudianto, tolong, saya ingin berbagi kesaksian hidup saya yang sebenarnya di sini di platform ini sehingga semua warga negara Indonesia berhati-hati dengan pemberi pinjaman pinjaman di internet

Setelah beberapa waktu berusaha mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan terus ditolak, saya memutuskan untuk mengajukan pinjaman secara online tetapi saya curang dan kehilangan Rp18,7 juta, kepada seorang wanita di saudi arabia dan Nigeria.

Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan teman saya Nyonya Rika Nadia (rikanadia6@gmail.com) yang kemudian memperkenalkan saya kepada Lady Esther, manajer Cabang dari Access Loan Firm, sehingga teman saya meminta saya untuk mendaftar dari LADY ESTHER, jadi saya Menjerit dituangkan dan dihubungi LADY ESTHER. melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

Saya mengajukan pinjaman sebesar Rp250 juta dengan suku bunga 2%, sehingga pinjaman disetujui dengan mudah tanpa tekanan dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit, karena tidak memerlukan jaminan dan jaminan untuk pengalihan pinjaman, saya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari satu setengah jam uang pinjaman telah dimasukkan ke dalam rekening bank saya.

Saya pikir itu adalah lelucon sampai saya menerima panggilan dari bank saya bahwa akun saya telah dikreditkan dengan jumlah Rp250 juta. Saya sangat senang bahwa akhirnya Tuhan telah menjawab doa-doa saya dengan buku pinjaman dengan pinjaman asli saya, yang telah memberi saya keinginan hati saya.

Semoga Tuhan memberkati LADY ESTHER untuk mewujudkan kehidupan yang adil bagi saya, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) atas pinjaman Anda

Akhirnya saya ingin berterima kasih kepada Anda semua karena meluangkan waktu untuk membaca kesaksian hidup saya yang sebenarnya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa kepada Tuhan untuk melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: (nurulyudianto2@gmail.com) Salam

NAMA SAYA: MRS MARIA ARTIKA
NEGARA: INDONESIA
KOTA: BATU MALANG JATIMMY WHATSAPP: +62 877-4316-8500
HIBAH PINJAMAN: Rp350.000.000,00
EMAIL SAYA: mariaartika27@gmail.com

Saya ingin memulai dengan berterima kasih kepada Tuhan atas anugerah kehidupan.
Nama saya MRS MARIA ARTIKA dan saya ingin berbagi cerita yang bagus tentang KARINA ROLAND LOAN COMPANY. Favorit, perusahaan yang mampu secara finansial membuat hidup saya berbalik.
Saya mengalami kesulitan keuangan untuk beberapa waktu dan saya harus meminjam dari teman-teman saya karena saya berharap dapat melunasinya setelah menerima pembayaran saya.
Dan ketika menghadapi hidup saya berubah menjadi yang terburuk, saya dipecat dari pekerjaan dan saya kehilangan ibu saya beberapa bulan kemudian. Setelah ibu saya dimakamkan, teman-teman saya mulai meminta uang mereka kembali.
Tetapi kompilasi saya mengira hidup saya sudah berakhir, saya sebenarnya berusaha untuk melarikan diri, sekarang TUHAN menggunakan teman dan tetangga saya Bu Rini anggraeni yang membantu saya untuk menghubungi IBU KARINA yang mengatakan bahwa teman dari Indonesaia menghubungkannya dengan IBU KARINA, jadi saya menceritakan kisah saya kepada ibu, dia meminta dokumen yang saya tunjukkan dan sebelum saya menyadarinya permintaan pinjaman saya sebesar Rp350.000.000,00, sebelumnya saya telah meminta tiga perusahaan pinjaman online yang lebih baik untuk tidak membutuhkan bantuan positif, tetapi IBU KARINA ROLAND melalui pinjamannya perusahaan, KARINA ROLAND LOAN COMPANY telah mengubah hidup saya dan saya telah memutuskan sebelumnya bahwa saya akan terus membagikan cerita ini sehingga warga negara saya dapat memanfaatkannya, berharap dapat meminjamkan pinjaman kepada orang yang terkena banjir. Proses persetujuan kredit saya telah selesai dan saya telah menerima surat persetujuan dari perusahaan yang menyetujui say yes harus memberikan bank saya. Saya menerima permintaan dari bank saya yang menyatakan bahwa rekening bank saya telah dikreditkan dengan jumlah pinjaman sebesar Rp350.000.000,00 yang saya minta. KARINA ROLAND LOAN COMPANY adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang nyata dan tulus di seluruh dunia, jadi jangan ragu untuk menghubungi MOTHER KARINA di saluran ini. Anda dapat menghubungi perusahaan ini melalui atau email whatsapp: karinarolandloancompany@gmail.com, whatsapp +1585 708-3478, begitulah hidup saya berubah dan saya akan terus membagikan kabar baik agar semua orang dapat melihat dan menghubungi perusahaan baik yang mengubah hidup saya .
Anda juga dapat menghubungi saya jika Anda membutuhkan bantuan saya atau Anda ingin bertanya kepada saya tentang bagaimana saya mendapatkan pinjaman saya. Ini email saya: mariaartika27@gmail.com

PERUSAHAAN PINJAMAN ROLAND KARINA
HANYA WHATSAPP: +1585 708-3478
NAMA FACEBOOK: KARINA ELENA ROLAND
EMAIL: KARINAROLANDLOANCOMPANY@GMAIL.COM

Sungguh menakjubkan ketika saya berpikir bahwa semuanya telah selesai dengan saya, nama saya susan garcia, dari phillipine, Bu KARINA ROLAND datang untuk menyelamatkan hidup saya. Saya sangat berhutang budi sampai orang-orang yang saya pinjam dari geng itu melawan saya dan kemudian menangkap saya karena hutang saya. ditahan selama berbulan-bulan periode lomba diberikan kepada saya ketika saya dipulangkan dan dibebaskan untuk pergi dan menghasilkan uang untuk melunasi semua hutang yang saya terima jadi saya diberitahu bahwa ada pemberi pinjaman online yang sah jadi saya harus mencari melalui blog saya ditipu sebelumnya tetapi ketika saya menemukan KARINA ELENA ROLAND LOAN COMPANY, Tuhan mengarahkan saya ke iklannya di sebuah blog karena ketertarikan saya pada iklan itu benar-benar sebuah keajaiban mungkin karena Tuhan telah melihat bahwa saya memiliki banyak penderitaan, itulah mengapa dia mengarahkan saya kepadanya. Jadi saya mengajukan dengan antusias setelah beberapa jam pinjaman saya disetujui oleh Dewan dan dalam 24 jam saya dikreditkan dengan jumlah yang tepat yang saya maksudkan untuk semua ini tanpa jaminan tambahan Pinjaman Pribadi karena saya berbicara dengan Anda sekarang saya bisa melunasi semua hutang Saya dan sekarang saya memiliki supermarket sendiri, saya tidak membutuhkan bantuan orang lain sebelum saya memberi makan atau mengambil keuangan, apapun keputusan saya tidak ada urusan dengan Polisi, saya sekarang seorang wanita mandiri. Anda ingin merasakan kemandirian finansial seperti saya, silakan hubungi Ibu melalui email perusahaan: (karinarolandloancompany@gmail.com) atau whatsapp +15857083478 Anda tidak dapat memperdebatkan fakta bahwa di dunia yang sulit ini Anda membutuhkan seseorang untuk membantu Anda mengatasi perputaran keuangan di hidup dalam satu atau lain cara, maka saya memberikan amanat untuk mencoba dan menghubungi Ibu KARINA ROLAND di alamat di atas agar Anda dapat mengatasi kemerosotan finansial dalam hidup Anda. Anda dapat menghubungi saya melalui email berikut: (garciasusan113@gmail.com)) Selalu bersikap positif dengan Ibu KARINA ROLAND dia akan membantu Anda melalui semua tantangan keuangan Anda dan kemudian memberi Anda tampilan keuangan baru dan kebebasan untuk mengatasi semua kekhawatiran Anda.

Saya Suryanto dari Indonesia di Kota Palu, saya mencurahkan waktu saya di sini karena janji yang saya berikan kepada LADY ESTHER PATRICK yang kebetulan adalah Tuhan yang mengirim pemberi pinjaman online dan saya berdoa kepada TUHAN untuk dapat melihat posisi saya hari ini.

Beberapa bulan yang lalu saya melihat komentar yang diposting oleh seorang wanita bernama Nurul Yudianto dan bagaimana dia telah scammed meminta pinjaman online, menurut dia sebelum ALLAH mengarahkannya ke tangan Mrs. ESTHER PATRICK. (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

Saya memutuskan untuk menghubungi NURUL YUDIANTO untuk memastikan apakah itu benar dan untuk membimbing saya tentang cara mendapatkan pinjaman dari LADY ESTHER PATRICK, dia mengatakan kepada saya untuk menghubungi Lady. Saya bersikeras bahwa dia harus memberi tahu saya proses dan kriteria yang dia katakan sangat mudah. dari Mrs. ESTHER, yang perlu saya lakukan adalah menghubunginya, mengisi formulir untuk mengirim pengembalian, mengirim saya scan kartu identitas saya, kemudian mendaftar dengan perusahaan setelah itu saya akan mendapatkan pinjaman saya. . Lalu saya bertanya kepadanya bagaimana Anda mendapatkan pinjaman Anda? Dia menjawab bahwa hanya itu yang dia lakukan, yang sangat mengejutkan.

 Saya menghubungi Mrs ESTHER PATRICK dan saya mengikuti instruksi dengan hati-hati untuk saya, saya memenuhi persyaratan mereka dan pinjaman saya disetujui dengan sukses tetapi sebelum pinjaman dipindahkan ke akun saya, saya diminta membuat janji untuk membagikan kabar baik tentang Mrs. ESTHER PATRICK dan itulah mengapa Anda melihat posting ini hari ini untuk kejutan terbesar saya, saya menerima peringatan Rp350.000.000. jadi saya menyarankan semua orang yang mencari sumber tepercaya untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. ESTHER PATRICK melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) untuk mendapatkan pinjaman yang dijamin, Anda juga dapat menghubungi saya di Email saya: (suryantosuryanto524@gmail.com)

Nama saya SHARON LOGAN, saya dari Washington DCUSA, saya ingin menggunakan media ini untuk menulis kepada orang-orang di internet yang sedang membutuhkan pinjaman nyata, bahwa jika Anda membutuhkan pinjaman tanpa ditipu, ajukan permohonan dari KARINA ROLAND LOAN COMPANY adalah perusahaan yang tepat untuk melamar dari saya seorang guru saya telah ditipu 2 kali oleh perusahaan palsu yang berkeinginan menjadi pemberi pinjaman tetapi pada akhirnya ditipu, tetapi sekarang saya tidak lagi khawatir karena KARINA ROLAND telah membantu saya jadi jika Anda membutuhkan pinjaman mendesak untuk melakukan proyek atau bisnis apa pun, perusahaan ini akan membuat Anda tersenyum. Saya juga telah memperkenalkan sebagian besar teman saya ke perusahaan ini dan hanya 2 teman saya yang memberi tahu saya bahwa mereka telah menerima pinjaman di sana, salah satu teman saya menerima pinjaman $ 39,000.00 dolar dan teman saya lainnya menerima sejumlah $ 65,000.00 dolar jadi siapa saja yang membutuhkan pinjaman online ajukan dari perusahaan ini dan Anda akan yakin, karena perusahaan ini sangat membantu dan Tuhan akan terus menggunakan mereka untuk membantu orang yang membutuhkan pinjaman . Jika Anda membutuhkan pinjaman online, ajukan dari perusahaan ini dan hubungi mereka melalui alamat email karinarolandloancompany@gmail.com atau hanya whatsapp +1(585)708-3478 dan juga Anda dapat menghubungi saya melalui email sharonlogan023@gmail.com untuk informasi lebih lanjut , Terima kasih semua.

NAMA SAYA: MRS MARIA ARTIKA
NEGARA: INDONESIA
KOTA: BATU MALANG JATIMMY
WHATSAPP: +62877-4316-8500
HIBAH PINJAMAN: Rp350.000.000,00
EMAIL SAYA: mariaartika27@gmail.com

Saya ingin memulai dengan berterima kasih kepada Tuhan atas anugerah kehidupan.
Nama saya MRS MARIA ARTIKA dan saya ingin berbagi cerita yang baik tentang KARINA ROLAND LOAN COMPANY. Favorit, perusahaan yang mampu secara finansial membuat hidup saya berbalik.
Saya mengalami kesulitan keuangan selama beberapa waktu dan saya harus meminjam dari teman-teman saya karena saya berharap dapat melunasinya setelah menerima pembayaran saya.
Dan ketika menghadapi hidup saya berubah menjadi yang terburuk, saya dipecat dari pekerjaan dan saya kehilangan ibu saya beberapa bulan kemudian. Setelah ibu saya dimakamkan, teman-teman saya mulai meminta uang mereka kembali.
Tetapi kompilasi saya mengira hidup saya sudah berakhir, saya sebenarnya berusaha untuk melarikan diri, sekarang TUHAN menggunakan teman dan tetangga saya Bu Rini anggraeni yang membantu saya untuk menghubungi IBU KARINA yang mengatakan bahwa teman dari Indonesaia menghubungkannya dengan IBU KARINA, jadi saya menceritakan kisah saya kepada ibu, dia meminta dokumen yang saya tunjukkan dan sebelum saya menyadarinya permintaan pinjaman saya sebesar Rp350.000.000,00, sebelumnya saya telah meminta tiga perusahaan pinjaman online yang lebih baik untuk tidak membutuhkan bantuan positif, tetapi IBU KARINA ROLAND melalui pinjamannya perusahaan, KARINA ROLAND LOAN COMPANY telah mengubah hidup saya dan saya telah memutuskan sebelumnya bahwa saya akan terus membagikan cerita ini sehingga warga negara saya dapat memanfaatkannya, berharap dapat meminjamkan pinjaman kepada orang yang terkena banjir. Proses persetujuan kredit saya telah selesai dan saya telah menerima surat persetujuan dari perusahaan yang menyetujui say yes harus memberikan bank saya. Saya menerima permintaan dari bank saya yang menyatakan bahwa rekening bank saya telah dikreditkan dengan jumlah pinjaman sebesar Rp350.000.000,00 yang saya minta. KARINA ROLAND LOAN COMPANY adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang nyata dan tulus di seluruh dunia, jadi jangan ragu untuk menghubungi MOTHER KARINA di saluran ini. Anda dapat menghubungi perusahaan ini melalui atau email whatsapp: karinarolandloancompany@gmail.com, whatsapp +1585 708-3478, begitulah hidup saya berubah dan saya akan terus membagikan kabar baik agar semua orang dapat melihat dan menghubungi perusahaan baik yang mengubah hidup saya .
Anda juga dapat menghubungi saya jika Anda membutuhkan bantuan saya atau Anda ingin bertanya kepada saya tentang bagaimana saya mendapatkan pinjaman saya. Ini email saya: mariaartika27@gmail.com

PERUSAHAAN PINJAMAN ROLAND KARINA
HANYA WHATSAPP: +1585 708-3478
NAMA FACEBOOK: KARINA ELENA ROLAND
EMAIL: KARINAROLANDLOANCOMPANY@GMAIL.COM

Nama saya: Etin supriatin
Negara: Indonesia
Pinjaman yang disetujui: Rp450.000.000 bank: bri bank
email: (supriatinetin123@gmail.com)

Halo semuanya, nama saya ETIN SUPRIATIN
Saya ingin membagikan kesaksian yang luar biasa ini
bagaimana saya mendapatkan pinjaman saya dari BELINDA CHRISTOPHER LOAN COMPANY ketika kami diusir dari rumah kami ketika saya tidak dapat membayar tagihan saya lagi karena covid19 patah hati,
Setelah ditipu oleh berbagai perusahaan secara online dan pinjamannya ditolak oleh bank saya dan beberapa credit union lain i
dikunjungi. Sampai suatu hari saya berjalan dengan malu-malu
seorang teman sekolah lama yang memperkenalkan saya pada BELINDA CHRISTOPHER LOAN COMPANY
Awalnya saya mengatakan kepadanya bahwa saya tidak siap mengambil risiko apa pun lagi
untuk mengajukan pinjaman online lagi, tetapi dia meyakinkan saya bahwa saya tidak perlu khawatir bahwa saya akan menerima pinjaman dari mereka. Seketika berpikir,
karena tunawisma saya, saya mengikuti uji coba dan mengajukan pinjaman, untungnya itu disetujui untuk saya dan saya menerima pinjaman Rp450.000,00 dari
{belindachristopherloancompany@gmail.com}. Saya senang saya mengambil risiko dan mengajukan pinjaman. Saya dan keluarga saya sekarang bahagia sekarang saya memiliki rumah dan bisnis sendiri. Semua rasa syukur saya sampaikan kepada BELINDA CHRISTOPHER LOAN COMPANY yang telah memberi makna pada hidup saya ketika saya mengira semua harapan telah hilang. Anda dapat menghubungi mereka melalui email (belindachristopherloancompany@gmail.com) atau whatsap +1 (347) 797-0786 jika Anda membutuhkan pinjaman cepat dan nyata, Anda masih dapat menghubungi saya melalui (supriatinetin123@gmail.com) untuk informasi lebih lanjut.

BELINDA CHRISTOPHER LOAN COMPANY
whatsapp: +1 (347) 797-0786
alamat email: belindachristopherloancompany@gmail.com

ENOUGH IS ENOUGH FOR THE WISE.
KARINA ELENA ROLAND LOAN COMPANY IS THE ONLY WAY OUT FROM ANY FINANCIAL DIFFICULTIES (karinarolandloancompany@gmail.com )
whatsapp....+1585 708-3478
facebook.....elena karina roland
instagram.....karina roland

Greetings great mind, It will be my greatest pleasure saving Individuals and companies from extortion, I know not everyone will want to take it upon their self to reveal the bitter truth about online Lending because of insecurity, Time of doing it and all that. i”m AFIZAH NAZERI, an outstanding businesswoman who reside in TERENGGANU CITY OF MALAYSIA has taken it upon herself to share this article to whom it may concern so they can learn and educate their self from it . It's bad to the extend where you see testimonies online about getting a loan and it turn out to be fake. For real i have fallen for that tricks countless time to the extend i lost almost Rm14,000 in total all in the name of getting a loan to invest in a very lucrative business. After so many failed attempt of securing a loan, I and my Manager went online to do a thorough search and found this company KARINA ELENA ROLAND LOAN COMPANY but before giving it a try we also went ahead to make sure they are real, check their reviews and also go their existencing and capability. We were so careful because we didn't want to lose any dime again and to our greatest expectation they deliver according to their review and grant us our desire loan amount of Rm80,000. A word to everyone out there when it comes to Online Lenders contact only KARINA ELENA ROLAND LOAN COMPANY via email: {karinarolandloancompany@gmail.com} or whatsapp +1585 708-3478, and consider all your financial problems tackled and solved.#SHARE, You can rescue someone from been victimized today, Thanks.
country......Malaysia
name.........Afizah Nazeri
approved Amount.....Rm80,000
bank.......BSN (Malaysia)
email.......afizahnazeri@gmail.com

semua berkat nyonya karina roland
Nama saya annisa logan, saya dari indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu seluruh WNI yang sedang mencari pinjaman di internet agar berhati-hati karena internet penuh dengan penipu, beberapa bulan yang lalu saya benar-benar membutuhkan pinjaman, untuk memperbaiki salon rias rambut saya, tetapi saya jatuh ke tangan pemberi pinjaman palsu, yang hampir membebani hidup saya, sampai seorang teman merujuk saya ke salah satu pemberi pinjaman bernama Ibu. karina, pemilik karina roland perusahaan pinjaman, yang saya hubungi dan dia memberi tahu saya bahwa jika saya dapat memenuhi syarat dan ketentuan mereka, pinjaman saya akan diberikan kepada saya dalam waktu kurang dari 24 jam yang saya lakukan, setelah itu Saya mengajukan pinjaman 450 juta rupiah setelah detail saya diverifikasi dalam waktu kurang dari 24 jam rekening bank saya dikreditkan. sekarang saya sangat senang atas pekerjaan baik ibu. karina dalam hidup saya dan keluarga saya, saya memutuskan untuk membagikan kesaksian saya tentang Ibu. karina, agar orang-orang dari negara saya dan kota saya bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman dalam bentuk apa pun, silakan hubungi Ibu. karina melalui email: karinarolandloancompany@gmail.com, atau hanya whatsapp +1 (585) -708-3478 Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: annisalogan@gmail.com untuk pekerjaan baiknya dalam hidup saya dan keluarga saya.

Jika bank Anda mengatakan tidak kepada Anda untuk pinjaman, ada tempat otentik di mana Anda bisa mendapatkan pinjaman asli. Saya ingin mendapatkan pinjaman institusi yang saya temukan secara online untuk semua saudara dan saudari Muslim yang sedang mencari pinjaman cepat untuk menyelesaikan masalah yang diinginkan dengan cepat. Saya mendapat pinjaman Rp.700.000.000. dari ibu KARINA ROLAND LOAN COMPANY yang saya gunakan untuk merenovasi rumah sakit saya dan untuk melengkapi bisnis saya. Saya mendapat pinjaman dari mereka beberapa bulan lalu. Saya meminjam dari mereka karena ada banyak perusahaan pinjaman palsu online. Saya juga memperkenalkan adik saya yang juga mendapat pinjaman Rp. 500.000.000 PERUSAHAAN PINJAMAN ROLAND KARINA. Sebelum saya menghubungi mereka untuk mendapatkan pinjaman, saya juga melakukan banyak penelitian tentang mereka dan menemukan mereka benar-benar otentik. Mereka tidak seperti perusahaan pinjaman barat yang palsu. Jadi saya meminta pinjaman tanpa jaminan dengan mereka. Mereka memberikan pinjaman sesuai dengan hukum dan peraturan Islam. Tidak Ada Jaminan. Tidak ada biaya tersembunyi. Mereka memberikan proses yang cepat dan sederhana. Tapi Anda harus bisa menyetujuinya. dan Anda juga harus membayar kembali pinjaman mereka pada waktunya. Saya ingin meminta semua Muslim sejati dan bukan muslim untuk menghubungi ibu karina yang baik di email atau whatsapp: +15857083478 (karinarolandloancompany@gmail.com) Anda dapat menghubungi saya untuk nasihat juga melalui email (nurraysadiena@gmail.com)

Hai semuanya, Nama saya Angga Annisa dan saya berbicara sebagai orang yang paling bahagia di seluruh dunia hari ini sebelum sekarang saya secara finansial dipukul tanpa harapan akan bantuan apa pun, tetapi ceritanya akan segera berubah ketika saya bertemu dengan Ibu. Saya sangat senang untuk mengatakan keluarga saya kembali untuk selamanya karena saya membutuhkan pinjaman sebesar Rp.700juta untuk memulai hidup saya di sekitar karena profesi saya karena saya seorang ibu tunggal dengan 3 anak dan seluruh dunia tampak seperti itu tergantung pada saya sampai Tuhan mengirim saya kepada sebuah perusahaan yang mengubah hidup saya dan keluarga saya, perusahaan yang takut akan Tuhan, ISKANDAR LENDERS, mereka adalah Juruselamat Tuhan yang dikirim untuk menyelamatkan keluarga saya dan pada awalnya saya pikir itu tidak akan mungkin sampai saya mendapat pinjaman sebesar Rp.700 juta dan saya akan menyarankan siapa pun yang benar-benar membutuhkan pinjaman untuk menghubungi Bunda Iskandar melalui email. [iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com] karena ini adalah pemberi pinjaman yang paling memahami dan baik

Contact Details:

e_mail Address:iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com>>>>
WhatsApp:::+6282274045059
Company::Iskandar Lenders"""""
Loan Amount:::Rp.700juta
Name:::::Angga Annisa
Country::::Indonesia
Occupation:Trader
Year:April,2020

Jumlah minimum>>>>>>Rp.100 juta
Jumlah maksimum>>>>>Rp.100 miliar

Keajaiban tidak akan pernah berakhir, saya berdoa untuk allah untuk memberkati Nyonya Esther Patrick, saya kehilangan Ewita warga negara Indonesia, saya tinggal di JL.kutisari selatan geng ekonomi No. 13-G, Indonesia. Ibu saya mengatakan kepada saya bahwa dia akan melalui internet dan datang ke publikasi Nyonya Esther Patrick, mengatakan bahwa fasilitas kredit telah memberinya pinjaman kepada masyarakat umum dengan suku bunga sangat rendah 2% persen, Anda dapat menghubungi Nyonya Esther Patrick melalui emailnya: [estherpatrick83@gmail.com].

Jadi, saya memberi tahu teman saya tentang pandangan meminjam dari Nyonya Esther Patrick, dan dia mengatakan dia tidak akan memberi tahu saya bahwa saya tidak meminjam dari Nyonya Esther Patrick, tetapi saya perlu meminjamkan sejumlah kecil untuk memeriksa apakah perusahaannya adalah perusahaan.

Jadi, saya bertindak atas sarannya dan menghubungi Nyonya Esther Patrick melalui emailnya: [estherpatrick83@gmail.com] yang diposkan oleh ibu saya, dan saya mengajukan pinjaman sebesar Rp200.000.000. Nyonya Esther Patrick menanggapi saya dan mengirimi saya semua syarat dan ketentuan perusahaannya yang saya baca dan saya menyetujui persyaratannya.Setelah persetujuan permohonan pinjaman, saya menerima pemberitahuan dari bank saya bahwa jumlah Rp200.000.000 dikreditkan ke rekening bank saya dari perusahaan Nyonya Esther Patrick.
Saya sangat senang dan berbagi kabar baik dengan ibu saya dan teman saya yang menyarankan saya untuk terus maju.Ia menyelesaikan pembayaran kembali pinjaman tersebut pada 07 Juli 2018, dan saya meminta sejumlah Rp550.000.000 yang juga saya terima di rekening bank saya setelah prosedur itu dilakukan.

Jadi, saya ingin mengambil kesempatan ini untuk memberi tahu siapa saja yang mencari pemberi pinjaman pribadi di Internet yang pasti akan menghubungi Nyonya Esther Patrick melalui e-mail {ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM}Anda dapat menghubungi saya jika Anda memerlukan bantuan atau Anda ingin bertanya tentang bagaimana saya mendapat pinjaman.Ini email saya: [ewitayuda1@gmail.com]Terima kasih, pengikut saya

Kabar gembira untuk kalian semua orang Indonesia di platform ini, Tuhan yang setia kepadaku dan seluruh keluargaku sejak september 2020, kesaksian dan kabar baikku begini,
Nama saya MAULANA ARIEF, Seorang pria Muslim dan saya dari kota Serang Indonesia, dengan alamat saya di bawah ini:
Jl. Azalea 6 No. 65 Taman Lembah Hijau Lippo Cikarang, RT 005 / RW 007 Serang, Saya seorang pemasar dan juga penasihat bisnis di perusahaan tempat saya bekerja, saya ingin menggunakan media ini untuk menginformasikan semua yang ada di platform ini yang membutuhkan dan mencari pinjaman asli untuk sangat berhati-hati karena Internet dan blog penuh dengan perusahaan pinjaman palsu dan penipuan yang hanya ada di sini untuk menipu Anda dari uang hasil jerih payah Anda.

Saya dan istri saya memiliki hutang besar yang harus dibayar dan kami memutuskan untuk mencari pinjaman online untuk melunasi hutang kami dan kami menghubungi perusahaan pinjaman dari dubia pada bulan Juli 2020, dan kami ditipu oleh pemilik perusahaan dengan bertanya kepada kami untuk membayar banyak biaya yang kami bayarkan dan pada akhirnya kami tidak mendapatkan pinjaman, kami kehilangan sekitar 60 juta Rupiah kepada perusahaan pinjaman palsu di dubia karena kami mengajukan pinjaman sebesar 1 miliar dan dengan semua biaya yang kami bayarkan, kami tidak mendapatkan pinjaman apapun dan istri saya dan saya sangat frustasi dan saya dipecat dari pekerjaan saya di perusahaan tempat saya bekerja karena saya juga mengambil pinjaman dari perusahaan tempat saya bekerja dan kami putus asa dan jenuh dengan kehidupan.

Kepada Tuhan yang sangat baik, kami berdoa dan Tuhan mengarahkan kami kepada seorang penolong dan pada hari setia 27, November, 2020 ini, saya sedang berselancar di internet ketika saya dapat menemukan kesaksian dari seorang wanita Indonesia bernama MELIYAKSI LAY dengan alamat email : (meliyaksilay@gmail.com)

yang berasal dari kota batu malang jatim, tentang bagaimana Tuhan mengubah kehidupan keuangannya melalui perusahaan pinjaman dia meminta saya untuk menghubungi MOTHER KARINA dan dia memperkenalkan saya kepada MOTHER KARINA dan dia memberi saya keberanian dan saya mengajukan pinjaman dari MOTHER KARINA oleh
menghubunginya karena dia mendapat pinjaman dari MRS. KARINA yang merupakan pemilik dari PERUSAHAAN PINJAMAN KARINA ELENA ROLAND, kemudian saya menghubungi MRS MELIYAKSI LAY untuk informasi lebih lanjut tentang MRS. KARINA jika dia benar-benar mendapat pinjaman dari MRS. KARINA dan dia berkata ya dan menunjukkan bukti transfer pinjaman dan saya percaya dan saya memutuskan untuk menghubungi MRS KARINA ROLAND dan saya mengajukan pinjaman sebesar 3 Miliar Rupiah dan setelah saya mengajukan aplikasi pinjaman saya dan data saya diverifikasi maka pinjaman saya disetujui dan Saya hanya diminta untuk mendapatkan perjanjian sertifikat pinjaman saya dan setelah itu pinjaman saya disetujui dan saya sangat terkejut. Pinjaman saya sebesar 3 Miliar Rupiah telah ditransfer ke rekening bank saya dengan tingkat bunga rendah 2% dan bahkan tanpa jaminan, tanpa penjamin
jadi saya ingin menyarankan sesama WNI yang sedang mencari pinjaman asli untuk menghubungi MOTHER KARINA melalui email: (karinarolandloancompany@gmail.com) atau whatsapp +1(585)708-3478

Dia adalah satu-satunya pemberi pinjaman asli di platform ini dan di blog ini, dia adalah ibu yang baik, Anda juga dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut tentang MRS KARINA IBU melalui whatsapp atau email: +62 882-2827-3825 atau (maulanaarief461 @ gmail. com)

Catatan: sepatah kata sudah cukup untuk yang bijak dan terima kasih telah membaca kesaksian saya dan kabar baik
Tuhan memberkati kalian semua!

negara:Bukittinggi
jenis kelamin.:pria
pekerjaan.:::::bisnis
Daftar Sekarang :(aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com)

BAGAIMANA CARA MENGETAHUI KREDIT PINJAMAN YANG PALSU
Peminjam palsu tidak perlu meminta jaminan dan tidak ada situs web.Peminjam palsu tidak memiliki sertifikat bisnis. Peminjam palsu tidak peduli dengan gaji bulanan Anda yang membuat Anda memenuhi syarat untuk pinjaman.Peminjam palsu tidak menggunakan gmail, tidak ada domine.Peminjam palsu tidak memiliki alamat kantor fisik.Pemberi pinjaman palsu meminta biaya pendaftaran dan biaya trans.AASIMAHA ADILA AHMED LOAN FIRM adalah pemberi pinjaman uang yang sah dan memiliki reputasi baik. Mereka meminjamkan uang kepada perusahaan besar dan pabrik yang membutuhkan dukungan keuangan, mereka memberikan pinjaman kepada orang-orang yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan mereka untuk berinvestasi dalam bisnis. Jadi, apakah Anda mencari pinjaman mendesak? Anda tidak perlu khawatir karena Anda berada di tempat yang tepat kami menawarkan pinjaman dengan suku bunga rendah 1% jadi jika Anda membutuhkan pinjaman.saya mendapat pinjaman 2 miliar untuk membayar hutang saya dan melakukan bisnis saya. mohon, berhati-hatilah di sini di blog ini, jangan mencari pinjaman dari pemberi pinjaman yang tidak memiliki situs web yang diverifikasi. Saya akan menipu 3 kali oleh pemberi pinjaman palsu. semoga allah membantu Anda.
Email;jurjanibude0811@gmail.com

Hai semuanya, Nama saya Angga Annisa dan saya berbicara sebagai orang yang paling bahagia di seluruh dunia hari ini sebelum sekarang saya secara finansial dipukul tanpa harapan akan bantuan apa pun, tetapi ceritanya akan segera berubah ketika saya bertemu dengan Ibu. Saya sangat senang untuk mengatakan keluarga saya kembali untuk selamanya karena saya membutuhkan pinjaman sebesar Rp.700juta untuk memulai hidup saya di sekitar karena profesi saya karena saya seorang ibu tunggal dengan 3 anak dan seluruh dunia tampak seperti itu tergantung pada saya sampai Tuhan mengirim saya kepada sebuah perusahaan yang mengubah hidup saya dan keluarga saya, perusahaan yang takut akan Tuhan, ISKANDAR LENDERS, mereka adalah Juruselamat Tuhan yang dikirim untuk menyelamatkan keluarga saya dan pada awalnya saya pikir itu tidak akan mungkin sampai saya mendapat pinjaman sebesar Rp.700 juta dan saya akan menyarankan siapa pun yang benar-benar membutuhkan pinjaman untuk menghubungi Bunda Iskandar melalui email. [iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com] karena ini adalah pemberi pinjaman yang paling memahami dan baik

Contact Details:

e_mail Address:iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com>>>>
WhatsApp:::+6282274045059
Company::Iskandar Lenders"""""
Loan Amount:::Rp.700juta
Name:::::Angga Annisa
Country::::Indonesia
Occupation:Trader
Year:April,2020

Jumlah minimum>>>>>>Rp.100 juta
Jumlah maksimum>>>>>Rp.100 miliar

Assalamualaikum
Nama saya Farliyana Albaid dari Kuala Lumpur, saya ingin berkongsi kesaksian hidup saya di sini di platform ini supaya semua pencari pinjaman akan berhati-hati tentang peminjam di internet

Setelah beberapa lama cuba mendapatkan pinjaman dari institusi kewangan, dan terus ditolak, saya memutuskan untuk memohon pinjaman dalam talian tetapi saya ditipu dan hilang RM6400 kepada seorang lelaki di Afrika. Saya menjadi sangat terdesak untuk mendapatkan pinjaman, jadi saya berbincang dengan kawan saya Encik Mohd Farid bin Ahmad yang kemudian memperkenalkan saya kepada Puan Helen Wilson. Jadi rakan saya meminta saya memproses pinjaman saya dengan Puan Helen. Jadi saya menghubungi Puan Helen melalui e-mel: helenwilson719@gmail.com dan juga pada WhatsApp: +1-585-326-2165

Saya memohon pinjaman sebanyak RM120,000 dengan kadar faedah sebanyak 2%, tidak lama lagi pinjaman itu diluluskan dengan mudah tanpa tekanan dan semua persediaan dibuat untuk pemindahan kredit, kerana ia tidak memerlukan jaminan dan penjamin untuk pemindahan pinjaman, Saya diberitahu untuk mendapatkan sijil perjanjian lesen untuk memindahkan kredit saya dan dalam masa kurang dari 4 jam, wang pinjaman saya dimasukkan ke dalam akaun bank saya. Saya fikir ia adalah satu jenaka sehingga saya menerima panggilan dari bank saya bahawa akaun saya telah dikreditkan dengan RM120,000. Saya sangat gembira bahawa akhirnya ALLAH telah menjawab doa saya dan dia telah memberikan saya keinginan hati saya.

Semoga ALLAH memberkati Puan Helen Wilson yang memberi saya kehidupan yang adil, jadi saya menasihatkan sesiapa yang berminat untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Puan Helen melalui e-mel: (helenwilson719@gmail.com) dan WhatsApp: +1-585-326-2165 untuk pinjaman anda

Akhirnya, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada anda kerana meluangkan masa untuk membaca kesaksian sebenar tentang hidup saya mengenai kejayaan saya dan saya berdoa kepada ALLAH untuk melakukan kehendak-Nya dalam hidup anda. Anda boleh menghubungi saya untuk mendapatkan maklumat lanjut melalui e-mel saya: (farliyanaalbaid@gmail.com)

Semoga kedamaian, rahmat, dan rahmat Allah juga bersamamu..


EmoticonEmoticon