Rabu, 23 Februari 2011

Cara Agar Lampiran e-SPT PPN 1111 Bisa Dicetak

Sebenarnya beberapa hari kemarin saya mau memposting tulisan mengenai tips agar bisa mencetak semua lampiran e-SPT PPN 1111. Tapi karena ada musibah di keluarga, maka tertunda beberapa hari.

Kenapa membuat tulisan mengenai tips agar bisa mencetak semua lampiran e-SPT PPN 1111? Karena sejak dilaunching beberapa hari yang lalu, Patch Update e-SPT PPN 1111 versi 1.1.0.0. belum bisa memuaskan beberapa user, yaitu masih belum bisa mencetak semua lampiran. Padahal patch tersebut telah diinstal. Hal ini saya ketahui dari banyaknya pertanyaan yang dilontarkan melalui YM saya (wongcikawung@yahoo.co.id).

Untuk menjawab keluhan beberapa user dapat saya sampaikan bahwa salah satu kendala utama tidak bisa mencetak lampiran e-SPT PPN 1111 adalah tidak diinstalnya file CRRedist2008_x64.msi atau _x86.msi. File tersebut merupakan bawaan dari Patch Update dan berada di folder CrystalReports10_5. Jadi agar bisa mencetak lampiran, silakan instal dulu file tersebut di atas. Hal ini tidak berlaku pada komputer dengan sistem operasi Windows 7. Karena dari beberapa instalasi Patch Update di Windows 7 sudah bisa langsung mencetak lampiran tanpa lebih dulu menginstal file CRRedist2008_x64.msi atau _x86.msi.

Silakan mencoba, semoga berhasil.
Selengkapnya, silakan baca user manual-nya





28 comments

boleh diperlihatkan contoh cetakan a2/b2nya kalau benar2 sudah bisa dicetak?

@Anonim, trims telah mampir. untuk print screen lampiran e-SPT PPN 1111 yg bisa dicetak, silakan lihat di sini http://www.ziddu.com/gallery/13942448/PrntScreenPPN1111B2.JPG.html

Mohon maaf saya cuma menampilkan satu lampiran karena agak repot harus buka banyak program untuk bisa menampilkan print screen secara online (Paint, Photoshop, ziddu).

Thanks

Thanks atas infonya cara mencetak lampiran A1-3 dan B1-3 eSPT PPN 1111 karena sebelumnya udah update tapi belum bisa cetak setelah di installnya file di Crystal Report baru bisa .

@Anonim,sama-sama mas. Syukurlah kalo sudah bisa cetak lampiran.

Thanks infonya. Tp sebelumnya aku udah install Crystal reportnya, dan udah bisa print, tapi sekarang ga mau lagi. gmn ya?

@Anonim,trims ya telah mampir.
Koq aneh ya? sebelumnya sudah bisa print, eh ngga bisa lagi. Kalo seperti itu, saya pun bingung. Tapi kalo mau, coba aja di komputer lain, siapa tahu ngga ada masalah seperti itu. Tq

Waktu install CRRedist2008_x64.msi keluar error:

This istallation package is not supported by this processor.

processor PC di kantor kami menggunakan AMD athlon setara dg pentium 4.

Apa nggak bis diinstall di processor selain pentium? ANEH!!!!

@Kang Asep, terima kasih telah mampir ke blog saya.
Setelah membaca user manual e-SPT PPN 1111 memang hanya menyebutkan (support) Pentium saja, tidak menyebut prosesor lain.

Trims

sob saya saya mau tanya
"pada saat saya instal CRRedist2008_x64.msi keluar error: emang komputer pake dual core solusinya gmn?" tolong mas saya perlu banget

Pak Edo, trims ya telah mampir. Untuk instal eSPT ada baiknya diketahui dulu spesifikasi yang dipersyaratkan. Bila kompi pak Edo sudah sesuai dg spec tetapi tetap tidak bisa instal CRRedist2008_x64, silakan dicoba instal yg _84. Apabila tetap tidak bisa, silakan download eSPT versi 1.2 di www.pajak.go.id. eSPT PPN 1111 versi 1.2 sudah tidak perlu instal CRRedits tsb. tq

Permisi, mau nanya.. Saya udah patch dan udah tampil menu printnya tapi kenapa saat mau di print ngak bisa trus muncul warning box tulisannya The RPC server is unavailable.. gimana yah?? Makasih sebelumnya.. :)

@pak Christian, coba dites di kompi lain. bila masih tidak bisa, bila tidak keberatan, bisa dikirim database nya? ke wongcikawung@gmail.com

Trims

permisi, mau tanya.... kok saya malah tidak menemukan menu print ya?
intel atom 270 1,6 Ghz

@Anonim, ada beberapa hal kemungkinannya:
1. Anda masih menggunakan isntaler versi lama yg memang tidak ada menu cetaknya (menu cetak hanya ada di Induk SPT dan itu akan muncul--terbuka-- bila Anda sudah klik Lampiran IV di tampilan Induk SPT).

2. Bila Anda menggunakan netbook yg monitornya 10", kadang tampilan ngga full. Jadi tampilan eSPT nya di drag aja pake mouse.

Semoga membantu. trims

bos, masih tetap saja tidak bisa, kemarin sempat bisa lalu tiba2 setelah di add database, menjadi tidak bisa...

saya ada cara terakhir, coba install crystall report..

ah masih gagal mas bro.. haduh bingung saya...
program yg dibuat jelek banyak bug dan menyulitkan, siapa sih vendornya...

@Anonim, sorry saya baru login kembali di blog saya.......
Untuk kasus Anda, coba tanyakan langsung ke KPP terdekat yang membawahi perusahaan/NPWP Anda (temui AR Anda atau Operator Console di KPP).

Semoga terpecahkan masalahnya yaaa....
Terima kasih.

mas tanya donk , saya install Espt PPN 1111 , lalu saya install juga pacth updatenya , kamudian saya install cristal reportnya x86

saya mau print laporan A2
Failed (PrepareA2B1B2) . Message : Load report failed

itu kenapa ya mas ?

mau tanya mas, saya install ESPT versi 1.4 kmudian patch ke 1.5, tp sejak pertama install saya tidak bisa print smua lampiran..
saya sudah install Crystal Report versi x64 karna OS saya windows 7 x64..saya sudah coba di 2 komputer ber-OS sama, dan hasilnya sama juga.
ada solusi mas..?

Program ESPT ini malah membuat masalah baru yang membuat frustasi, lebih baik cara lama..

mau pakai Crystal Report, mau tidak pakai Crystal Report..
sama aja errornya mas..ga bisa mencetak lampiran..
OS saya 7 64bit, versi e-spt yg saya instal 1.4..

install Crystal Report 64bit, hasilnya error..ga diinstall Crystal Report, hasilnya ya error jg.
Programmer yang lebih andal kan banyak di Indonesia, libatkan mereka..

@Anonim: wah kalo sudah gitu, susah juga cari solusinya.
Bila ada waktu, datang saja ke kantor pajak terdekat dan tanyakan ke bagian IT (OC).
Trims

cara update di versi 1.3 gmn c...???

@Mariana: klik saja file application dari update-an 1.3 tsb. Jangan lupa, sesuaikan nama di Destination Foldr ketika instal, dengan nama eSPT PPN yg mau diupdate yg ada di program file. tq

Siang Mas ..

ini saya kemarin ada permasalahan saat mau print lampiran A2 dan B2 PPN pada e-SPT 1111, kemudian setelah saya ikutin petunjuk mas akhirnya saya bisa print lampiran A2 dan B2 tsb, tetapi malah kenpa SPT Induk nya tidak bisa diprint y ?? ada muncul warning ^Could not load file or assembly "Microsoft ReportViewer". Win Forms, Version=9.0.0.0,^.

itu kenapa y mas? solusi nya bagaimana y mas. mohon info. ^^

ah saya sudah bisa koq, ada caranya yg kalian tidak ketahui, kuncinya adalah keasabaran.. install aja dari folder crystal report 10_5, bila 64x tdk berhasil, install yg 86x nya.. berlaku di win 7 64 bit jga koq..

Anonim mengatakan...
Siang Mas ..
ini saya kemarin ada permasalahan saat mau print lampiran A2 dan B2 PPN pada e-SPT 1111, kemudian setelah saya ikutin petunjuk mas akhirnya saya bisa print lampiran A2 dan B2 tsb, tetapi malah kenpa SPT Induk nya tidak bisa diprint y ?? ada muncul warning ^Could not load file or assembly "Microsoft ReportViewer". Win Forms, Version=9.0.0.0,^.
itu kenapa y mas? solusi nya bagaimana y mas. mohon info. ^^
25 Juli, 2013 13:52
Anonim mengatakan...

ah saya sudah bisa koq, ada caranya yg kalian tidak ketahui, kuncinya adalah keasabaran.. install aja dari folder crystal report 10_5, bila 64x tdk berhasil, install yg 86x nya.. berlaku di win 7 64 bit jga koq..
14 Agustus, 2013 10:14
-------------------------------------------
Syukur deh bila sudah bisa mengatasi masalahya. trims atas sharingnya....intinya kesabaran yaaa...hehehe...

Maaf mas-mas semuanya, saya kan baru belajar pajak ney...
trus lampiran A2 saya nggak bisa di cetak,

saya menggunakan Win 7 64bit.

tadi saya sempat membaca coment" di atas..
maksudnya software CRRedist2008_x64, itu apa iya ?

mohon bantuannya.

gan kenapa e-spt tidak bisa di export ya dan muncuk error (CrystalDecisions.ReportAppServer.ReportDefModel.ISCRPromptingRequestInfo.set_RequestOptions(CrystalDecis )


EmoticonEmoticon