Kamis, 16 September 2010

Solusi Mengatasi 'Ngadatnya' Telkomsel Flash


Baru dua hari yang lalu saya posting sebuah tulisan yang berisi kekecewaan saya pada Telkomsel Flash. Postingan saya dapat dibaca di sini.

Di tulisan tersebut saya sungguh kecewa dengan kemampuan koneksi T-Flash, khususnya seminggu sebelum Lebaran sampai Kamis pagi. Hari biasa juga sebenarnya sering susah dan lambat, tetapi tidak separah kali ini. Beberapa kali dicoba konek, tidak bisa buka website sama sekali, padahal sinyal penuh dan jaringan terkoneksi (download speed 0 kbps).

Awalnya saya maklum dengan kejadian ini, mengingat hari menjelang dan usai Lebaran trafik komunikasi begitu tinggi sehingga kemungkinan jaringan mengalami overload. Tetapi Lebaran telah seminggu berlalu dan tidak ada perbaikan jaringan/koneksi pada T-Flash.

Setelah menelepon ke AO (Account Officer) Telkomsel Flash, saya disarankan untuk datang saja ke Grapari Telkomsel.

Masalah Terpecahkan

Sesuai saran yang diberikan, sore itu juga saya ke Grapari dengan membawa modem (Huawei e160) beserta SIM Card-nya dan diterima oleh seorang AO yang ada di sana. Setelah dicek setting-an T-Flash di modem, ada yang perlu diubah sedikit (ini solusinya), yaitu buka Tools, kemudian pilih Options, lalu pilih Profil Management.

Di menu Profil Management terdapat beberapa isian. Umumnya profil name-nya adalah Telkomsel. Tetapi oleh AO disuruh diganti yaitu dengan tselgprs. Nah, bagi anda yang berlangganan T-Flash (saya mendaftar secara corporate unlimited Rp 137.500 per bulan, sudah termasuk pajak 10%) dan sering ada gangguan sinyal hilang atau sinyal penuh tapi tidak bisa untuk browsing, maka perlu dicoba dengan resep di atas. Siapa tahu jadi cespleng T-Flash-nya. Saya sudah mencoba (hanya mengubah Profil Name dari telkomsel menjadi tsel gprs) dan berhasil. Kini, browsing lancar kembali.


EmoticonEmoticon