Minggu, 12 Juni 2011

Woukouf, Apa Itu?

Tren pengobatan alternatif semakin menjamur saja di Indonesia. Dari yang berbau mistik seperti Batu Ponari di Jombang, Jawa Timur, beberapa waktu yang lalu sampai yang semi ilmiah seperti akupuntur, bekam dan lainnya. Pengobatan mistik ala Ponari yang hanya mengandalkan keyakinan individu ini sempat membuat heboh masyarakat karena model pengobatan hanya bermodal batu yang konon ajaib yang dicelupkan ke air. Ribuan orang pun antri untuk berobat. Kini, keampuhan Batu Ponari tidak terdengar lagi gaungnya.

Sekarang muncul lagi pengobatan alternatif asli dari Indonesia, khususnya dari tanah Papua. Model pengobatan ini saya dapat informasinya dari majalah Hidayatullah edisi Juni 2011. Nama pengobatan ini adalah Woukouf.

Apa itu woukouf? Woukouf berasal dari kata 'Wou' yang artinya pembersihan dengan uap panas, dan 'Kouf' artinya badan. Jadi, Woukouf adalah pengobatan tubuh yang dibersihkan dengan menggunakan uap panas sehingga kotoran yang ada dalam tubuh akan keluar melalui keringat pasien. Orang modern mungkin menyebut ini semacam spa. Tapi spa tradisional.

Tahapan atau teknis pengobatan woukouf adalah pasien masuk ke ruangan berdinding tikar pandan berukuran 150 cm x 90 cm dan tinggi 170 cm (ini ukuran woukouf di Rumah Sehat 'Nuu Waar', Bekasi Timur). Setelah pasien masuk dan ruangan dalam keadaan tertutup, panci besar akan dimasukkan ke dalam ruangan. Kemudian tutup panci dibuka dan uap panas dari panci tersebut akan keluar. Pasien diminta untuk mengaduk-aduk isi panci sehingga uap yang tersimpan di panci akan keluar secara optimal.

Dalam panci tersebut berisi 17 jenis ramuan herba yang telah dimasak hingga mendidih. Ramuan itu terdiri dari enam herba yang mudah didapat, yaitu daun pandan, daun sereh, daun jeruk, daun mengkudu, pelepah pisang dan daun sirsak. Sebelas herba lainnya adalah herba yang didatangkan langsung dari Papua. Herba dari Papua ini diyakini mampu menyembuhkan berbagai penyakit.

Selama di dalam ruangan, pasien diarahkan untuk melakukan gerakan oleh terapis yang berada di luar. Pasien menjalani terapi ini selama 30 menit atau lebih tergantung kekuatan pasien di dalam ruangan.

Uap yang berasal dari herba tersebut jika dihirup akan berkhasiat meningkatkan imunitas tubuh, mengeluarkan toksin, memulihkan stamina, memperlancar peredaran darah, memulihkan pernafasan, menghilangkan asma, tubuh menjadi segar dan tidur menjadi berkualitas. Terapi woukouf juga dapat mempercantik wajah, mengencangkan kulit, mengatasi lemah syahwat, dan lainnya.

Mau coba?


EmoticonEmoticon