Senin, 27 September 2010

10 Ladang Minyak Terbesar Di Dunia

Berdasarkan data dari Forbes.com, terdapat 10 ladang yang memiliki deposit (simpanan) minyak bumi terbesar di dunia. Di antaranya adalah Arab Saudi dan Irak (informasi selengkapnya ada di bawah). Kedua negara ini jelas menjadi alasan kenapa Amerika Serikat memiliki kepentingan terhadap kerajaan Arab Saudi dan Irak.

Arab Saudi, di samping Kuwait, adalah negara teluk yang menjadikannya sebagai pangkalan tentara AS terbesar di kawasan tersebut. Kenapa AS sampai membuat pangkalannya di situ? Alasan klise adalah untuk membantu Arab Saudi dari kemungkinan invasi negara-negara tetangga (khususnya Irak saat dipimpin Saddam Hussein). Padahal, tidak lain adalah untuk melindungi kepentingan dirinya dalam memperoleh akses terhadap kebutuhan minyak untuk industri di dalam negeri AS.

Jawaban atas alasan invasi terhadap negara Irak yang hingga kini telah menewaskan jutaan warga sipil adalah sama dengan paragraf di atas. Yaitu AS sangat berkepentingan terhadap minyak Irak yang mencapai milyaran barel. Bukan karena alasan Irak memiliki senjata pemusnah massal (yang nyatanya tidak terbukti)

Berikut adalah 10 ladang minyak terbesar di dunia:

1. Ghawar, Arab Saudi (30 milyar barel)

2. West Qurna, Iraq (21 milyar barel)
Operator utama di West Qurna ini adalah Exxon Mobil (AS) dan Royal Dutch Shell (Belanda).

3. Majnoon, Irak (13 milyar barel)

4. Rumaila, Irak (17 milyar barel)

5. Kuzestan, Iran (100 milyar barel?)

Karena masih belum bisa dipastikan, Forbes.com memberikan tanda tanya (?) dan tidak menempatkan Kuzestan ini di peringkat pertama.

6. Kashagan, Kazakhstan (9 milyar barel)

7. Khurais, Araab Saudi (27 milyar barel)

8. Tupi, Brasil (8 milyar barel)

9. Carabobo, Venezuela (15 milyar barel)

10. North Slope, Alaska (40 milyar barel?)

Karena masih belum bisa dipastikan, Forbes.com memberikan tanda tanya (?) dan tidak menempatkan North Slope di peringkat atas.

Sumber:
Mangtholib.com


EmoticonEmoticon