Pertunjukan Rodad TPA Baitul Munir Cikawung, Pekuncen, Banyumas

Loading...

Selasa, 17 April 2012

Tambang Emas Tradisional di Gumelar

Sabtu, 7 April 2012 yang lalu saya jalan-jalan ke wilayah kecamatan Gumelar, Kabupaten Banyumas (tepatnya di Desa Samudera) untuk silaturahmi. Ngobrol sana, ngobrol sini akhirnya pembicaraan semakin menarik setelah pihak tuan rumah bercerita mengenai kisah sukses penambangan emas tradisional di desa tetangga.

Desa yang dimaksud adalah Desa Cihonje. Desa Cihonje terletak di wilayah Kecamatan Gumelar. Desa ini bisa dijangkau dari Ajibarang dengan menumpang angkutan umum micro bus jurusan Gumelar. Ongkosnya Rp 4.000.

Rute dari Ajibarang adalah ke arah Selatan (Pancasan) dan di pertigaan Karangbawang, belok ke kanan (ke arah Barat).

Sepulang dari Desa Samudera saya menyempatkan mampir di Desa Cihonje untuk melihat tambang-tambang emas tradisional. Ada belasan sumur yang letaknya saling berdekatan dan berada di sisi kiri-kanan jalan raya Cihonje.

Tambang emas tradisional ini sebenarnya sudah ada sejak dua tahun yang lalu tetapi mulai booming (menghasilkan emas yang cukup banyak) sejak sekitar enam bulan terakhir. Dari cerita yang ada, banyak orang yang kaya mendadak sejak emas mulai ditemukan. Mulai dari para pemilik tanah/kebun yang tanahnya terdeteksi ada kandungan emasnya, orang-orang yang sebelumnya pengangguran yang menjadi pekerja dengan bayaran lumayan sampai investor dari luar Kecamatan Gumelar yang menanamkan modalnya di situ.

Ini beberapa gambar sumur-sumur penambangan emas tradisional di Desa Cihonje.










1 comments:

percetakan kewes mengatakan...

bagi yang berminat untuk investasi dipertambangan emas didaerah gumelar saya punya lahan untuk disewakan prospek menjanjikan
hubungi 02817666447 atau 085865114447

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...